tips hemat foto pernikahan

Pernikahan bukan sesuatu yang mudah untuk dipersiapkan. Banyak hal yang perlu dipersiapkan salah satunya foto pernikahan yang terkadang biayanya mahal.

Dibutuhkan tips foto pernikahan low budget namun memberikan hasil bagus, berikut tipsnya:

6 Tips Foto Pernikahan Low Budget

1. Patok Anggaran

Untuk meminimalkan biaya pernikahan yang dikeluarkan lakukan patokan anggaran. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam taksiran pengeluaran. Pernikahan akan berjalan baik jika pengaturannya baik.

Untuk mematok biaya foto yang akan dikeluarkan, perlu diskusi antara kedua pasangan.

Diskusi ini meliputi kisaran biaya yang akan dikeluarkan untuk fotografer, lokasi, kostum, dan sebagainya.

Misal total biaya yang ingin dikeluarkan sebesar 4 juta. Sewa lokasi 500.000, sewa fotografer 1 juta, maka biaya lain disesuaikan agar pengeluaran tidak melebihi total biaya yang ditentukan sebelumnya.

Jika memungkinkan, biaya yang dikeluarkan berada dibawah kisaran total biaya yang dipatok. Biaya sisa tersebut dapat digunakan untuk membiayai keperluan pernikahan yang lain.

2. Menentukan Tema

Tema pernikahan sangat penting untuk setiap pasangan. Ada yang ingin tema sederhana, mewah, dan sebagainya. Semua itu untuk mewujudkan pernikahan yang diidam-idamkan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah semakin sulit tema yang dipilih maka biaya yang harus dikeluarkan akan semakin besar.

Biaya ini meliputi hal-hal yang menjadi komponen dalam pernikahan.

Tema pernikahan harus didiskusikan dengan pasangan. Pilih tema yang sederhana dengan biaya yang tidak terlalu besar namun tetap disukai oleh kedua pasangan.

Misalkan tema pernikahannya tentang pantai dan ingin melangsungkan foto di Bali.

Inspirasi mengena tema apa yang ingin diangkat pada pernikahan bisa dicek melalui search engine atau blog pernikahan. Cukup banyak variasinya serta pengalaman dari sharing orang-orang yang sudah menikah.

Pikirkan baik-baik kisaran biaya yang akan dikeluarkan. Sebagai alternatif, pilihlah lokasi dengan pemandangan serupa tapi lebih murah.

3. Memilih Lokasi

Hal yang penting dalam tips foto pernikahan low budget adalah penentuan lokasi foto pernikahan. Lokasi menjadi sangat penting karena akan menjadi latar foto dan menunjang tema pernikahan yang sudah ditentukan.

Dalam memilih lokasi, perhatikan biaya yang akan dikeluarkan untuk sewanya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, misalkan lokasi yang diinginkan berlokasi di Bali. Maka pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.

Biaya-biaya yang harus diperhatikan adalah biaya transportasi, penginapan, makanan, fotografer, baju, dan lokasi itu sendiri. Jika dihitung maka kisaran biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 20 jutaan.

Jika tujuannya adalah pantai, tidak perlu jauh-jauh ke Bali. Cari pantai yang terdekat dari tempat tinggal untuk menekan biaya. Masih banyak pengeluaran lain yang harus dipenuhi selain foto pernikahan.

4. Memanfaatkan Koneksi

Koneksi memang sangat diperlukan dalam melakukan hal-hal tertentu, tidak terkecuali pernikahan. Hal ini akan sangat membantu dalam kesuksesan pernikahan. Oleh karena itu perbanyaklah teman yang bisa mempermudah urusan.

Misalkan saja memiliki teman seorang fotografer. Daripada menyewa fotografer yang biayanya lumayan besar, lebih baik menggunakan jasa teman. Mereka akan dengan senang hati membantu.

Karena koneksi itulah biasanya akan ada pengurangan harga atau harga teman. Harga yang mereka berikan tentu lebih murah dibandingkan jasa fotografer lain.

Apabila beruntung, bukan tidak mungkin mereka memberikannya gratis.

Meskipun ada pengurangan harga, jangan memanfaatkan hal tersebut untuk menawar lebih rendah lagi. Biaya yang sebelumnya akan digunakan untuk foto pernikahan bisa dialokasikan ke keperluan lain.

5. Persiapan yang Matang

Berbeda dengan foto sehari-hari yang diunggah di sosial media, foto pernikahan harus dibuat istimewa. Oleh karena itu persiapan yang matang harus dilakukan. Banyak hal yang harus dipenuhi untuk melakukannya.

Bukan hanya fotografer atau lokasi foto dilangsungkan yang harus dipikirkan.

Make up, pakaian, bahkan property yang dibutuhkan juga harus diperhatikan dengan baik agar hasil foto bisa memuaskan dan berkesan untuk keduanya.

Untuk meminimalkan pengeluaran, property yang digunakan bisa dipinjam dari keluarga atau teman. Tidak perlu membeli property yang baru jika tidak ingin melihat pengeluaran membengkak.

Jika memiliki keluarga yang punya keahlian merias yang baik, tidak ada salahnya menggunakan jasa mereka.

6. Menggunakan Stok Foto Lama

Tips foto pernikahan low budget yang terakhir adalah menggunakan stok foto-foto yang lama. Terkadang estimasi biaya pengeluaran untuk pernikahan pas atau sesuai dengan keperluan utama.

Namun bagaimana jika ingin melakukan foto pernikahan tapi biaya tersebut tidak ada?

Meskipun tidak memiliki biaya untuk melakukan foto, tetap bisa memajang foto pernikahan di pernikahan. Bagaimana caranya?

Saat pacaran dulu pasti memiliki foto kenangan. Foto tersebut dapat dijadikan sebagai foto pernikahan. Pilihlah foto yang paling menarik dan sesuai dengan tema pernikahan.

Bagi yang merasa malu untuk memajang foto tersebut tidak usah khawatir. Tamu undangan tidak akan terlalu memperhatikan foto bahkan ada yang tidak tahu foto tersebut adalah foto yang sudah lama.


Itulah ulasan mengenai tips foto pernikahan low budget agar biaya pernikahan tidak membengkak. Tidak perlu memaksakan diri untuk menghadirkan foto pernikahan jika memang tidak bisa. Yang terpenting adalah arti penikahannya.