teks editorial

Pasti kalian pernah menemukan sebuah teks yang isinya berupa pendapat pribadi seseorang mengenai suatu masalah, teks tersebut bisa kita sebut sebagai teks editorial.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai teks editorial mulai dari pengertian teks editorial, jenis, tujuan, manfaat dan fungsi teks editorial.

 

Pengertian Teks Editorial

Menurut pintarnesia mengatakan bahwa Teks editorial adalah suatu artikel atau tulisan dalam surat kabar yang berupa pendapat atau suatu pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang aktual. Isu atau masalah tersebut bisa berupa masalah sosial, politik, atau masalah ekonomi yang masih ada kaitannya dengan politik.

Contoh isu yang bisa diangkat dalam teks editorial seperti masalah bbm, kebijakan impor, dan lain sebagainya.
Teks editorial sering muncul secara rutin di koran atau juga bisa di majalah.

Teks editorial merupakan opini atau pendapat yang ditulis pengarang media terhadap isu aktual yang sedang beredar di masyarakat. Opini yang ditulis oleh pengarang dianggap sebagai pandangan resmi suatu penerbit terhadap suatu isu yang aktual.

Walaupun teks editorial merupakan pendapat atau opini, tetapi untuk penulisannya tidak bisa ditulis secara sembarangan. Penulisan teks editorial harus dilengkapi dengan fakta, bukti serta argumentasi yang logis.

 

Jenis – Jenis Teks Editorial

Berikut ini adalah beberapa jenis – jenis teks editorial, antara lain.

1. Interpretaive Editorial, adalah menjelaskan isu dengna memberikan fakta serta figur untuk memberikan pengetahuan.

2. Explantory Editorial, tujuan dari teks editorial ini adalah menyajikan masalah atau suatu isu supaya para pembaca bisa menilai. Umumnya teks editorial ini memiliki tujuan mengidentifikasi suatu masalah serta membuka mata masyarakat.

3. Controversial Editorial, tujuan dari teks editoriall ini adalah meyakinkan atau menumbuhkan kepercayaan para pembaca terhadap suatu isu.

 

Tujuan Teks Editorial

Berikut ini adalah 2 (dua) tujuan utama dari teks editorial, antara lain.

1. Teks Editorial memiliki tujuan untuk mengajak para pembaca supaya bisa berpikir mengenai sebuah isu aktual yang sedang hangat dikalangan masyarakat.

2. Memberikan opini atau suatu pandangan redaksi kepada pembaca terhadap isu yang berkembang.

 

Manfaat Teks Editorial

Berikut ini adalah beberapa manfaat teks editorial, antara lain.

1. Memberikan informasi kepada para pembaca.

2. Teks editorial bisa membantu para pembaca untuk melakukan suatu tindakan.

3. Bisa merangsang pemikiran para pembaca.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan megnenai teks editorial, semoga artikel teks editorial ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.