Spesifikasi OPPO A1k

Resmi dipasarkan mulai tanggal 20 Juni 2019, harga OPPO A1k dibanderol Rp1.799.000 dengan spesifikasi 2GB RAM dan 32GB internal storage.

OPPO menghadirkan smartphone dari keluarga A Sereis ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari kalangan remaja.

Ponsel generasi penerus OPPO A3s dan OPPO A5s ini akan bersaing dengan ponsel android dengan range harga 1 jutaan.

Untuk dapat bersaing di pasar hp murah Indonesia, smartphone ini hadir dengan membawa kelebihan seperti kapasitas baterai yang besar, menggunakan user interface ColorOS 6, dan fitur-fitur canggih yang mendukung kegiatan sehari-hari.

Spesifikasi dan Harga OPPO A1k

Harga Smartphone Rp1.799.000
Bulan Rilis Juni 2019
Platform
OS Android 9.0 (Pie); ColorOS 6
Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
RAM 2GB
GPU PowerVR GE8320
Storage 32GB (microSD, up to 256GB)
Bodi
Warna Black, Red
Dimensi 154.5 mm x 73.8 mm x 8.4 mm
Layar IPS LCD 6.1 inci 720 piksel x 1560 piksel, rasio 19.5:9
Berat 170 gram
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh
Kamera Depan
Single 5MP, f/2.0, 1/5″, 1.12µm
Fitur HDR
Video 720p
Kamera Belakang
Single 8MP, f/2.2, 1/3.2″, 1.4µm, AF
Fitur LED flash, HDR, panorama
Video [email protected]
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
SIM Dual SIM (Nano + Nano)
Jaringan GSM/HSPA/LTE
Speed 4G LTE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
Lainnya
Radio FM Radio
Jack audio 3.5mm jack
Sensor Accelerometer, proximity, compass
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

Mediatek Helio P22 + 2GB RAM

mediatek-helio-p22

Spesifikasi OPPO A1k didukung dengan dapur pacu octa core dengan kecepatan mencapai 2.0 GHz dari Mediatek Helio P22. CPU ini tentu sudah sangat baik untuk hp dengan kisaran harga dibawah 2 juta.

Sementara untuk menunjang kinerja dari chipset Mediatek Helio P22 tersebut OPPO menanamkan RAM dengan kapasitas 2GB. Dengan kapasitas RAM ini pengguna bisa menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan (multi tasking).

Sementara pada sektor grafis, OPPO A1k didukung dengan GPU PowerVR GE8320. GPU ini mampu menghasilkan kualitas grafis yang tinggi.

Calon pesaing dari Redmi 7 ini dibekali dengan kapasitas penyimpanan internal storage sebesar 32GB.

Selain itu, untuk pengguna yang masih membutuhkan space yang lebih bisa memanfaatkan slot eksternal storage microSD card yang dapat menampung data hingga 256GB.

Tanpa Fingerprint

Salah satu kekurangan yang ada pada smartphone ini adalah tidak adanya sensor fingerprint ataupun face unlock sebagai sistem keamanan.

Karena pada produk smartphone dari produsen lain seperti Asus ZenFone Max M2 dengan range harga yang sama sudah dibekali dengan sistem keamanan sensor biometrik fingerprint.

Kapasitas Baterai 4000 mAh

baterai-a1k

Pada sektor kapasitas baterai, OPPO A1k dibekali dengan daya catu yang cukup besar. Kapasitas baterai yang besar ini juga menjadi salah satu kelebihan OPPO A1k.

Dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh, OPPO mengklaim bahwa smartphone ini bisa bertahan hingga 17 jam.

Untuk para pecinta game online varian ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Selain menjalankan sistem operasi Android Pie 9.0 yang ringan, OPPO A1k juga dibekali dengan beragam fitur yang menarik seperti fitur Smart Driving untuk kenyamanan saat berkendara, Smart Bar yang bisa digunakan untuk beralih antar aplikasi dan aplikasi Smart Assistan.

Kamera 8MP dan 5MP

Sedikit tertinggal dari smartphone Samsung A10 dan Samsung M10 dengan lensa kameranya yang beresolusi 13MP, untuk urusan memotret OPPO A1k masih mengandalkan kamera tunggal dengan resolusi 8MP dan aperture f/2.2.

Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR, panorama, dan juga LED flash untuk menunjang masalah pencahayaan.

Sementara untuk menunjang kegiatan selfie, pada bagian depan terdapat lensa kamera dengan resolusi 5MP dengan teknologi AI Beauty.

Sesuai dengan harganya yang sangat terjangkau ini, kedua kamera tersebut sudah sangat sepadan dengan harga smartphone ini.

Waterdrop Display 6.1 Inchi

layar-a1k

Beralih ke sektor layar, OPPO A1k menggunakan panel IPS LCD dengan ukuran layar 6.1 inci dengan resolusi 720 piksel x 1560 piksel alias HD+.

Layar yang memiliki desain poni dengan nama Waterdrop ini terlihat semakin lapang karena telah mengusung aspek rasio kekinian 19.5:9.

Untuk menjalankan berbagai aplikasi seperti media sosial facebook, instagram, atau twitter kualitas layar OPPO A1k sudah sangat memadai.

Sebagai pelindung layar agar tetap mulus dan terhindar dari goresan, OPPO membalut layar A1k dengan balutan anti gores Corning Gorilla Glass.

Desain Bodi OPPO A1k

desain-a1k

OPPO merakit smartphone ini dengan material berbahan plastik, tentu saja hal ini bisa dimaklumi karena mengingat harga OPPO A1k yang ditawarkan memang cukup terjangkau.

Dengan dimensi yang cukup bongsor yaitu 154.5 mm x 73.8 mm x 8.4 mm dan bobotnya terbilang cukup lumayan seberat 170 gram.

Untuk urusan tampilan dan desain, dapat dibilang OPPO A1k tidak menawarkan inovasi baru dan masih terlihat sama dengan kebanyakan hp di kelasnya.

Untuk pasar Indonesia, smartphone ini tersedia dengan dua pilihan warna OPPO A1k yaitu Red dan Black.

Harga OPPO A1k

Meski tidak menawarkan perubahan yang berarti dari generasi sebelumnya, berdasarkan Berakal.com harga OPPO A1k ditawarkan dengan harga yang terjangkau yaitu Rp1.799.000 yang layak untuk dipinang.

OPPO telah resmi memboyong varian ini ke Indonesia dan mulai dipasarkan pada tanggal 20 Juni 2019.

Dengan harga tersebut, dinilai sudah sangat sesuai dengan spesifikasi yang dibawa oleh HP ini. Dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB dan internal storage sebesar 32GB.

Untuk kalian yang ingin menebus harga OPPO A1k ini, kalian bisa membelinya di berbagai store resmi OPPO yang tersebar di hampir seluruh kota besar yang ada di Indonesia.