Penyebab Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangatlah dihindari.Banyak sekali jenis dari penyakit kanker, namun bagi wanita terdapat satu kanker yang sangat rentan dan berbahaya yaitu kanker serviks.

Gambar Penyakit Kanker Serviks
Gambar Penyakit Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan kanker yang muncul di leher rahim wanita, yang merupakan pintu masuk ke dalam rahum dan vagina.Ternyata beberapa penyebab kanker yang dapat Anda ketahui tentang kanker ini.

Namun tentu saja Anda harus waspada karena penyebab ini dapat dialami oleh semua wanita tanpa melihat usia tua ataupun muda.

Sebelum mengetahui tentang penyebab kanker, tidak ada salahnya juga anda mengetahui gejala kanker serviks terlebih dahulu.

Biasanya hal yang paling terlihat bagi wanita yang sudah menikah adalah seringnya terjadi pendarahan setelah melakukan hubungan intim pada area vagina, dan tentu saja hal ini berbeda dengan masa menstruasi atau haid.

Bahkan bagi wanita dengan usia yang sudah mengalami menopause, Anda juga memiliki gejala yang sama yaitu sering terjadi pendarahan secara tiba-tiba pada bagian vagina.

Apabila Anda mengalami hal tersebut, maka Anda tentu saja harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan gejala tersebut kanker serviks atau bukan.

Beberapa Penyebab Kanker Serviks Yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat beberapa penyebab kanker serviks yang wajib Anda ketahui dengan baik.Hal ini tentu saja agar Anda dapat meminimalisir beberapa penyebab yang berkaitan dengan aktivitas Anda.Berikut ini adalah penyebab tersebut.

  • Kanker serviks dapat terjadi karena HPV atau yang sering disebut dengan Human Papillomavirus. HPV ini merupakan satu dari seratus jenis virus kanker yang tersebar melalui kontak langsung dalam hubungan intim, seks oral, ataupun melalui bertukarnya cairan tubuh. Hal inilah yang membuat banyaknya himbauan untuk melakukan seks bebas, karena akan menjadi penyebab dari kanker serviks yang paling utama.
  • Penyebab yang lainnya yaitu merokok. Merokok ini memang bukan penyebab yang utama, namun wanita yang merokok memiliki resiko dua kali lipat terkena kanker serviks. Hal ini tentu saja karena bahan kimia yang berasal dari tembakau dapat mengendap dan muncul tentunya di area yang rentan terkena kanker serviks.
  • Melahirkan anak terlalu banyak juga ternyata menjadi salah satu penyebab yang dapat membuat Anda terkena kanker serviks. Hal ini karena hormon yang muncul saat Anda sedang hamil membuat leher dari rahim Anda akan mudah terserang oleh virus HPV.
  • Hal ini belum dapat dipastikan secara ilmu kedokteran, namun sudah dapat dilihat sebagai penyebab munculnya kanker serviks, yaitu mengonsumsi pil KB atau kontrasepsi lebih dari lima tahun. Aktivitas mengonsumsi pil ini disebut dapat meningkatkan resiko dua kali lipat untuk kanker serviks pada wanita.
  • Selain itu, sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah secara otomatis akan membuat Anda mudah terkena virus kanker. Usahakan bahwa Anda selalu mengonsumsi makanan dan tentunya obat tertentu untuk meningkatkan sistem imun Anda.