Mengenal Jenis Sablon Untuk Kaos anak Branded

Bisnis grosir baju anak branded saat ini memang sedang booming di pasaran, Hal ini juga berefek pada bisnis sablon karena hampir 90% semua jenis kaos anak pasti menggunakan sablon agar kaos tersebut terlihat keren. Dalam hal ini kita akan bahas mengenai Jenis Sablon Untuk Kaos anak Branded yang sering di pakai di Indonesia. Jenis Sablon Untuk Kaos anak Branded ini dibedakan menjadi beberapa jenis.

Bagi anda yang berencana membuka usaha sablon kaos, dan belum mengetahui apa saja jenis sablon untuk kaos anak maupun dewasa, Kita akan bahas satu persatu agar anda mempunyai gambaran pada saat nanti akan memilih jenis sablon apa yang akan Anda dipakai.

Jenis Sablon Kaos yang Umum Digunakan

1 Sablon Jenis Rubber

Sablon karet jenis rubber ini cukup elastis. dapat di aplikasikan pada kaos berwarna gelap ataupun terang. Tekstur dari bahan ini lembut dan karakternya menutup pada serat kain. Sablon jenis rubber ini adalah jenis tinta sablon yang sering digunakan karena tingkat kepekatannya yang sangat cocok untuk bahan kain yang berwarna gelap. Selain itu, pada sablon jenis rubber ini biasanya digunakan sebagai sablon dasar sebelum kain disablon dengan tipe sabon yang lain. Keunggulan dari sablon jenis rubber ini adalah sablon ini cenderung lebih awet, bisa disetrika, dan harganya yang murah.

2 Sablon Pigmen

Sablon pigment ini juga sering disebut superwhite, namun perbedaan yang terlihat pada sablon jenis ini apabila anda sentuh, sablon pigment ini akan terasaagak kaku, Bila dibandingkankan dengan superwhite yang lebih elastis mengikuti kontur kaos. Jenis sablon ini hanya bisa pakai untuk penyablonan dengan warna kain yang terang. Sablon Pigmen mempunyai sifat seperti tinta sehingga dapat menyerap ke serat kain dengan mudah. Kekurangan dari sablon jenis pigmen ini adalah tidak bisa dipakai untuk kain yang berwarna gelap karena warna dari sablon ini nantinya akan kalah dengan warna dari kain itu sendiri.

3 Sablon Plastisol

Sablon jenis Plastisol adalah Jenis sablon oil-based/minyak, karakter dari sablon plastisol ini cukup tebal dan sangat terasa sekali unsur karet-nya bila dibandingkan dengan jenis sablon rubber. kelebihan sablon jenis Plastisol ini adalah sangat awet dan tahan lama. Sablon Plastisol adalah salah satu jenis sablon lumayan mahal harganya karena mempunyai banyak kelebihan seperti contoh dapat mencetak dot atau titik dan raster dengan ukuran yang sangat kecil. Proses pengeringan untuk jenis sablon plastisol ini dibutuhkan suhu yaitu minimal 160 derajat celcius sehingga sablon plasitol ini membutuhkan alat khusus untuk proses pengeringannya.

4 Sablon Glow in The Dark

Jenis sablon ini adalah jenis sablon yang menghasilakn efek menyala saat dalam kondisi gelap. Cahaya dari efek Sablon Glow in The Dark ini dihasilkan dari bahan kimia Phosphor yang bisa menyerap energi serta memancarkan cahaya. Sesuai dengan namanya, sablon Glow in The Dark ini terdapat kelebihan yaitu dapat menyala ketika berada di tempat yang gelap.

5 Sablon Flocking

Sablon jenis flocking adalah jenis sablon dengan karakter seperti beludru, jenis sablon flocking ini apabila di sentuh kita akan merasakan partikel-partikel flock nya terasa sangat lembut. Proses penyablonan flocking biasanya akan ditambahan bahan seperti bahan beludru sebagai lapisan agar terbentuk permukaan timbul dengan disatukan menggunakan bahan perekat tertentu.

6 Sablon Foil

Sablon jenis foil ini hampir sama dengan jenis sablon flocking, yang membedakannya hanya pada elemen yang dipakainya. Keistimewaan dari sablon jenis foil ini ialah hasil sablonan akan tampak mengkilat dan jernih hasilnya.

7 Sablon 3D

Sablon 3D adalah jenis Sablon High Density yang bisa menciptakan efek 3D pada kaos, tekstur dari bahan karet yang dihasilkan dari sablon ini  sangat kuat dan akan terasa timbul bila di sentuh.

8 Sablon DTG

Jenis sablon DTG atau sering disebut Direct to Garment adalah sebuah proses penyablonan dimana nantinya gambar akan dicetak langsung kedalam kaos.

9 Sablon Polyflex

Sablon jenis ini juga sering disebut sablon Cutting dan Printing.

10 Sablon Glitter

Yang terakhir adalah jenis Sablon Glitter jenis sablon ini berbentuk tinta dan dikombinasi dengan zat atau bahan lain yang mengkilat. Sablon jenis ini bisa dikatakan jenis sablon terbaik karena hasilnya tampak modern dengan unsur transparan.

Itulan 10 Jenis Sablon Untuk Kaos anak Branded yang sering dipakai untuk usaha sablon di Indonesia