Manfaat Tahu

Tahu dan Tempe merupakan dua jenis panganan yang paling sering kita jumpai dalam makanan sehari-hari. Namun tahukah Anda? dibalik tampilan dan rasa yang sederhana, tahu memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

Kandungan protein dalam tahu–dan produk kacang kedelai lainnya seperti tempe dan susu kedelai– sejak lama dikenal sebagai makanan sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Asia menemukan bahwa konsumsi tahu dapat menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas dan kanker payudara.

Untuk itu, dalam artikel ini saya akan mengulas mengenai manfaat tahu untuk kesehatan tubuh. Simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Tahu untuk Kesehatan Tubuh Anda

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan isoflavone dalam tahu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh Anda. Konsumsi tahu secara rutin dapat menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti obesitas, indeks massa tubuh dan kolesterol dalam tubuh.

Protein nabati dalam tahu dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda dan menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah dan hipertensi.

2. Mencegah Kanker Prostat dan Kanker Payudara

Kandungan isoflavone dalam tahu bekerja sebagai antioksidan yang berperan dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Di masa lalu, terdapat perbedaan pendapat mengenai keamanan mengonsumsi kacang kedelai, hal ini dikarenakan isoflavon yang terkandung didalamnya memiliki struktur kimia yang sama dengan hormon estrogen dan hormon estrogen yang terlampau tinggi dapat menyebabkan kanker payudara.

Namun, konsumsi satu porsi tahu setiap hari tidak menunjukan pengaruh terhadap pertumbuhan sel tumor bahkan konsumsi dalam jumlah terbatas dapat menurunkan laju perkembangan sel kanker payudara.

3. Menjaga Fungsi Ginjal

Protein kedelai dapat menjaga dan meningkatkan fungsi ginjal. Hal ini sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah dialisis ginjal atau transplantasi ginjal.

Dalam sebuah studi analisis menunjukan bahwa protein dalam produk kacang kedelai berefek positif pada penyakit ginjal kronis.

4. Menjaga Kesehatan mental

Beragam studi menunjukan bahwa konsumsi produk kacang kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai dapat menurunkan risiko penyakit mental karena faktor usia.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan isoflavon dalam tahun berperan penting untuk menjaga memori nonverbal, kemampuan bahasa dan fungsi kognitif lainnya.

Sedangkan dalam studi lainnya menunjukan bahwa konsumsi tahu sangat baik bagi penderita Alzheimer karena kandungan Lecitin berperan dalam fungsi saraf bekerja optimal.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Konsumsi tahu dapat menjaga kesehatan tulang Anda. Isoflavon yang terkandung didalamnya berperan dalam menjaga mineral yang terdapat tulang, terutama bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Manfaat lainnya dari tahu adalah menurunkan kolesterol tinggi, dan mengurangi gejala-gejala menopause.

6. Mengurangi Gejala-gejala Menopause

Konsumsi produk kedelai juga dapat meringankan gejala-gejala menopause seperti kepanasan. Hal ini dikarenakan produk kedelai mengandung phytoestrogen dan Genistin yang dapat mengatasi frekuensi dan kadar kepanasan.

Hal ini berdasarkan studi observasi yang menemukan bahwa wanita asia yang banyak mengonsumsi tahu umumnya tidak mengalami gejala kepanasan saat memasuki masa menopause, berbanding terbalik dengan wanita-wanita dari Eropa yang mengalami gejala ini.

7. Menurunkan Kolesterol

Mengutip hasil penelitian National Institute of Health and Nutrition di Jepang, menemukan bahwa kandungan isoflavon dalam produk kedelain terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Isoflavon juga berperan dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah dan hipertensi sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

Efek Samping Tahu

Disamping beragam manfaat tahu untuk kesehatan, terdapat beberapa kriteria orang-orang yang sebaiknya menghindari tahu seperti penderita asam urat. Tahu memiliki kandungan zat purin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi asam urat di darah, hal ini bila dibiarkan akan memperparah kondisi penderita asam urat.

Selain itu, bagi wanita yang sedang dalam program hamil sebaiknya hindari konsumsi produk kedelai karena merupakan pantangan program hamil. Kedelai dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berujung pada gangguan pada masa subur wanita. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi produk kedelai bila Anda sedang dalam program hamil.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Tahu untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.