Manfaat Senam Aerobik

Manfaat senam aerobik bagi tubuh Anda adalah aktifitas olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh organ dan otot tubuh Anda, hal ini memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen agar berfungsi dengan maksimal.

Senam aerobik juga dikenal dengan nama lain sebagai olahraga kardio. Hal ini dikarenakan olahraga ini memicu aktifitas sistem kardiovaskular Anda meningkat daripada biasanya, senam aerobik meningkatkan aktifitas detak jantung dan pernapasan Anda. Selain itu, aktifitas olahraga ini juga dapat meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh otot-otot tubuh Anda.

Berikut ini beberapa manfaat senam aerobik untuk tubuh Anda, simak ulasannya dibawah ini:

Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Mental

Rutin melakukan senam aerobik merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mental Anda. Aktif berolahraga akan menjauhkan Anda dari masalah kesehatan mental seperti Gangguan Kecemasan, Depresi hingga Masalah Kepercayaan Diri yang Rendah.

Beragam penelitian menunjukan bahwa senam aerobik dapat memicu pelepasan hormon Dopamine  dan beberapa senyawa kimia di otak Anda yang bertanggung jawab memberikan Anda perasaan puas dan bahagia.

Oleh karena itu, mereka yang menderita depresi dan gangguan kecemasan umumnya disarankan untuk melakukan senam aerobik untuk menurunkan gejala-gejala kesehatan mental mereka. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.

2. Menurunkan Berat Badan

Senam aerobik juga salah satu cara untuk mengontrol berat badan Anda tetap ideal. Lebih jauh, olahraga ini juga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Rutin melakukan aerobik dapat meningkatkan detak jantung dan membakar kalori.

Mengkombinasikan aerobik dengan konsumsi makanan sehat merupakan jalur cepat untuk menurunkan berat badan Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang memliki masalah berat badan berlebih ada baiknya untuk melakukan olahraga ini.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi seringkali disebabkan oleh otot jantung yan lemah. Jantung yang lemah harus bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh. Hal ini dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, jantung yang sehat merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Seperti yang dijelaskan di awal artikel, rutin melakukan senam aerobik merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung Anda. Gerakan-gerakan aerobik dapat melatih otot-otot jantung Anda dan dalam jangka panjang akan menguatkan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Dengan melakukan olahraga aerobik, Anda dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu alasan untuk melakukan senam aerobik adalah karena olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Metabolisme tubuh yang terjaga menentukan seberapa cepat tubuh Anda memproses kalori. Kalori dalam tubuh Anda bisa berasal dari konsumsi gula, lemak atau protein. Seperti yang Anda ketahui, kalori tubuh yang tidak diproses akan menumpuk sebagai lemak dan meningkatkan berat badan Anda.

Senam aerobik tidak hanya membakar kalori, tapi juga menjaga fungsi metabolisme tubuh Anda. Semakin cepat tubuh Anda membakar kalori makan Anda dapat mencegah kenaikan berat badan.

5. Meningkatkan Kesuburan

Seperti yang sudah dijelaskan, senam aerobik dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini memastikan pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh organ tubuh dan otot Anda terjaga, dengan begitu fungsi-fungsi organ termasuk organ reproduksi  Anda akan bekerja maksimal.

Peredaran darah yang lancar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan wanita, hal ini berimbas pada peningkatkan kualitas sel telur dan menurunkan stress yang dapat berdampak negatif pada kesuburan wanita.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Rutin berolahraga merupakan salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, beragam studi menunjukan bahwa olahraga aerobik dapat menurunkan risiko infeksi virus dan bakteri penyebab flu dan batuk.

Saat melakukan olahraga aerobik dapat menurunkan infeksi karena dapat meningkatkan pola pernapasan Anda, hal ini dapat membantu membersihkan paru-paru Anda dari bakteir, virus dan radikal bebas yang dapat membuat Anda sakit.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat senam aerobik lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh Anda dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Kolesterol dapat menumpuk pada pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, rutin aerobik merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung Anda.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu upaya menjaga kualitas hidup adalah dengan menjaga kesehatan tulang dan persendian Anda.

Melakukan senam aerobik merupakan cara untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang Anda. Gerakan-gerakan dalam aerobik dapat menjaga kandungan mineral tulang dan mempertahankan kepadatan tulang Anda. Hal ini dapat mencegah risiko osteoporosis di kemudian hari.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan Tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh Anda dengan cara alami.