Manfaat Pilates

Manfaat Pilates untuk kesehatan pria dan wanita tidak perlu diragukan lagi. Sebagai contoh, pilates dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan juga akan meningkatkan performa fisik Anda. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai manfaat pilates bagi tubuh yang sayang untuk dilewatkan, simak ulasannya dibawah ini:

9 Manfaat Pilates bagi Kesehatan Tubuh Anda

1. Melatih Otot Seluruh Tubuh

Tidak seperti jenis olahraga lainnnya, pilates diciptakan tidak untuk melatih bagian otot tubuh tertentu saja. Fokus latihan pilates adalah Core Strength tubuh Anda dan meningkatkan koordinasi otot tubuh. Manfaat pilates yang bisa Anda dapatkan diantaranya adalah meningkatkan kekuatan otot, membangun keseimbangan otot dan juga fleksibilitas tubuh Anda.

2. Pilates untuk Semua Orang

Tidak peduli apakah Anda seorang atlit profesional atau pekerja kantoran, gerakan pilates sangat penting untuk tubuh Anda. Gerakan-gerakan pilates berfokus untuk meningkatkan kekuatan tubuh, menjaga fleksibilitas dan juga latihan konsentasi yang penting untuk siapa saja. Dengan ribuan gerakan dan modifikasi, senam pilates dapat disesuaikan dengan kebutuhan siapa saja dengan kondisi apa saja.

3. Meningkatkan Kekuatan dan Kebugaran

Jika Anda sedang mencari olahraga yang tepat untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda tanpa memberikan dampak pada massa otot, maka pilates adalah pilihan yang tepat. Pilates akan meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh agar bekerja dengan koordinasi antar otot tubuh Anda, pilates dapat memberikan Anda kebugaran untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Pilates dapat menciptakan otot yang kuat melalui gerakan-gerakan yang menimbulkan kontraksi eksentrik pada otot Anda. Hal ini meningkatkan kekuatan otot Anda tanpa menaikkan massa otot.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Pilates juga dapat meningkatkan kepadatan tulang Anda. Tulang Anda seperti halnya otot-otot tubuh Anda, merupakan jaringan dinamis yang merespon latihan pilates Anda. Gerakan-gerakan Pilates akan akan memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tulang dan menghindarkan Anda dari risiko osteoporosis.

5. Meredakan Stress

Gerakan-gerakan pilates dapat meredakan ketegangan pada otot melalui peregangan yang lembut, dan gerakan-gerakan energetik dalam pilates dapat meningkatkan metabolisme hormon stress yang mengendap pada otot Anda. Teknik pelepasan Faskial yang umumnya diajarkan oleh instruktur pilates setiap sesinya dapat meredakan ketegangan otot Anda yang kaku. Hal ini berperan penting dalam meredakan stress pada tubuh dan pikiran Anda.

6. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi makanan sehat saat program diet diimbangi dengan olahraga pilates merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan Anda secara efektif. Setiap menit Anda melakukan gerakan pilates Anda membakar delapan kalori tubuh Anda, dan akan semakin meningkat seiring meningkatnya intensitas gerakan dan latihan yang Anda tempuh. Untuk memaksimalkan program diet Anda, sebaiknya Anda melakukan pilates sebanyak empat sesi dalam seminggu selama 60 menit setiap sesinya.

7. Meredakan Nyeri Punggung Ibu Hamil

Pilates merupakan salah satu olahraga untuk ibu hamil, gerakan-gerakan pilates dapat mengatasi masalah nyeri punggung yang sering mendera ibu hamil. Pilates dapat mengembalikan posisi tulang punggung Anda melalui peregangan lembut dan melemaskan otot punggung yang kaku menahan beban berat selama kehamilan.

Latihan pilates dapat memperkuat tulang belakang Anda dan memperbaiki postur tubuh yang buruk penyebab nyeri punggung.

8. Mencegah Cedera

Pilates dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan tubuh Anda, hal ini dapat menurunkan risiko cedera saat Anda melakukan aktifitas atau saat melakukan olahraga. Peningkatan fleksibilitas persendian Anda mencegah cedera saat Anda sedang mengangkat beban berat, sedankan peningkatkan kekuatan melalui pilates dapat meningkatkan kontrol Anda atas tubuh yang dapat meningkatkan reflek tubuh. Sedangkan latihan keseimbangan dalam pilates dapat mencegah Anda terjatuh karena ketidakseimbangan tubuh Anda.

Terakhir, pilates meningkatkan kontrol Anda atas gerakan-gerakan tubuh melalui pola gerakan yang efisien dan meredakan ketegangan pada persendian, otot dan ligamen.

9. Memperbaiki Postur Tubuh Anda

Duduk seharian di meja kerja dan kebiasaan menatap layar smartphone menyebabkan postur tubuh Anda mengalami perubahan menjadi lebih bungkuk. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot tubuh Anda, untuk mengatasinya Anda dapat melalukan olahraga pilates. Pilates dapat mengembalikan postur tubuh Anda dan keseimbangan otot tubuh Anda.