Manfaat Pakcoy

Pakcoy atau yang populer disebut sebagai sawi sendok merupakan salah satu dari tiga makanan super karena kandungan nutrisinya. Pakcoy memiliki kalori yang rendah dan beragam vitamin seperti Vitamin C, A, K, B6 serta beragam mineral dan nutrisi esensial yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja Manfaat Pakcoy bagi Kesehatan?. Simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

1. Menjaga Kekuatan Tulang

Salah satu manfaat Pakcoy adalah untuk menjaga struktur mineral tulang dan menghindarkan Anda dari risiko osteoporosis. Kombinasi mineral seperti Zat Besi, Zinc, Magnesium, dan Kalsium dalam pakcoy dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kestabilan dan kekuatan tulang Anda.

Selain itu, kandungan vitamin K yang tinggi dalam sayuran hijau ini dapat menurunkan risiko masalah kesehatan tulang pada orang lanjut usia.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A dalam sawi sendok ini mengandung beta karoten dan dan alpha karoten yang dapat menjaga kesehatan mata serta menghindarkan Anda dari risiko penyakit degenerasi makular atau penurunan fungsi mata karena faktor usia.

Oleh karena itu, konsumsi sayuran ini untuk menjaga fungsi mata agar tetap prima.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan asam folat dan vitamin B6 dalam sawi sendok dapat menjaga kesehatan jantung Anda, kedua nutrisi ini dapat menurunkan kadar homocysteine dalam darah, sehingga menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lain seperti hipertensi dan stroke.

Lebih jauh, mineral lain yang ditemukan dalam sayuran ini dapat mengatur fungsi jantung, menjaga tekanan darah dan menurunkan risiko serangan jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.

4. Menyuburkan Kandungan

Bagi Anda yang sedang dalam program hamil, konsumsi pakcoy dapat menjadi salah satu cara cepat hamil. Pakcoy memiliki kandungan asam folat yang sering disebut vitamin penyubur kandungan.

Mengutip Trimester123.com, wanita yang sedang dalam program hamil membutuhkan 400 mcg asam folat setiap harinya untuk membantu mempersiapkan rahim dalam menyambut kehamilan.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan Vitamin C dosis tinggi dalam sawi sendok ini dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C tidak hanya menstimulasi produksi sel darah putih, namun juga berperan sebagai antioksidan untuk menangkal oxidatif stress dan penyakit kronis yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C juga memiliki peran penting dalam produksi kolagen sehingga dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan bagi Anda yang sedang dalam proses pemulihan pasca operasi.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang dijelaskan dalam poin kelima, vitamin C dalam pakcoy berperan penting dalam produksi kolagen. Kolagen sangat baik untuk kesehatan kulit Anda, kolagen dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel kulit tubuh Anda.

Konsumsi pakcoy dapat memenuhi 33 persen kebutuhan vitamin C harian Anda, sehingga membantu Anda untuk menjaga kecantikan kulit.

7. Menurunkan Hipertensi

Kandungan mineral Potassium dalam sayuran hijau ini sangat baik untuk kesehatan jantung ANda. Potassium berperan sebagai vasodilator atau melemaskan pembuluh darah sehingga tekanan darah Anda turun. Selain itu, potassium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat dalam pakcoy juga baik untuk mereka yang sedang hamil. Asam folat berperan dalam produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu, asam folat sangat krusial dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan, nutrisi ini mencegah terjadinya cacat saraf pada janin, kelainan otak dan kelainan tulang belakang pada janin.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.