Manfaat Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan luar ruangan yang mulai banyak digemari, terutama di kalangan anak muda. Karena Indonesia memiliki banyak pegunungan yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan, tidak heran jika kegiatan yang satu ini dijadikan hobi oleh sebagian orang. Namun, tahukah Anda bahwa mendaki gunung juga memiliki manfaat untuk kesehatan?

Tidak hanya sebagai sarana untuk rekreasi atau menguji adrenalin, manfaat mendaki gunung juga dapat dirasakan oleh tubuh. Dengan kata lain, sekali menempuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Sambil menikmati keindahan alam Indonesia, Anda juga bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan. Cobalah untuk mengikuti paket wisata Bromo sebagai latihan sebelum mendaki gunung yang sebenarnya.

Manfaat Mendaki Gunung Untuk Kesehatan

Mendaki gunung membutuhkan stamina yang kuat, mengingat jalur pendakian yang cenderung menanjak. Di samping itu, perubahan cuaca yang terjadi juga mungkin membawa dampak tersendiri bagi tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh jika sering mendaki gunung.

1. Kapasitas Jantung dan Paru-paru Meningkat

Mendaki gunung terbukti dapat meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru. Hal ini dikarenakan tenaga yang dikeluarkan selama pendakian cukup besar. Perjalanan yang jauh dengan medan yang menanjak membuat jantung dan paru-paru terpacu untuk bekerja lebih kuat. Alhasil, kedua organ tersebut terlatih untuk meningkatkan kapasitas kerja. Selain itu, peredaran darah dan oksigen juga semakin lancar.

2. Meningkatkan Stamina

Anda harus memiliki stamina yang kuat untuk mampu mendaki gunung. Jika Anda sering atau rutin mendaki gunung, maka stamina tubuh akan tetap terjaga dan cenderung meningkat. Imbangi dengan olahraga rutin dan konsumsi makanan sehat agar stamina Anda terjaga.

3. Menguatkan Otot Kaki

Selama pendakian, otot yang paling dominan digunakan adalah otot kaki. Dengan pendakian rutin, secara tidak langsung Anda sedang melatih otot-otot kaki sehingga menjadi lebih kuat. Tidak hanya otot kaki, tetapi tulang Anda juga akan semakin kuat.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh

Sebagaimana telah disebutkan, salah satu manfaat mendaki gunung adalah meningkatkan kapasitas jantung. Dengan peningkatan tersebut, secara otomatis peredaran darah dan oksigen juga menjadi semakin lancar. Alhasil, kesehatan tubuh Anda akan tetap terjaga.

5. Menurunkan Berat Badan

Anda yang sedang berada dalam program diet mungkin bisa mencoba untuk mendaki gunung. Kegiatan berjalan selama pendakian merupakan bagian dari olahraga yang bermanfaat untuk pembakaran kalori serta lemak. Dengan demikian, Anda memiliki kemungkinan untuk menurunkan berat badan melalui pendakian gunung.

6. Menyehatkan Paru-paru

Gunung merupakan tempat di mana Anda bisa mendapatkan udara yang segar bebas polusi. Dengan melakukan pendakian secara rutin, Anda bisa melakukan pembersihan pada paru-paru. Tidak heran para pendaki memiliki nafas yang lebih panjang daripada orang-orang yang tidak pernah mendaki gunung.