Makanan Khas Indonesia

Indonesia dengan negara kepulauan dan beragamnya etnis dan kebudayaan, menjadikan Indonesia memiliki makanan khas Indonesia yang beragam macamnya. Mulai dari yang memiliki citarasa pedas manis, asin, gurih, bersantan, bahkan ada juga yang berbumbu hitam dan terkesan bertanah. Makanan khas dari Indonesia yang diakui kelezatannya di dunia internasional adalah berikut ini:

Makanan Khas Indonesia di Panggung Internasional

1. Rendang

Masakan khas Padang berupa olahan daging sapi yang diberi bumbu dan rempah – rempah ini memiliki rasa yang pedas. Masakan ini dipanaskan secara berulang dengan santan hingga warnanya menjadi hitam. Bumbu – bumbu yang selalu digunakan untuk masakan ini adalah serai, lengkuas, kunyit, jahe, cabai, bawang putih, bawang merah, dan beberapa rempah lainnya.

Ada dua jenis rendang jika dilihat dari kandungan cairan santannya, yaitu rendang kering dan rendang basah atau kalio, Dengan adanya inovasi, rendang tidak hanya menggunakan daging sapi, sehingga muncul rendang ayam, rendang bebek, rendang hati, rendang telur, rendang paru, rendang ikan tongkol, rendang suir, dan rendang kerang.

2. Soto

Soto memiliki nama lain sroto, sauto, tauto, atau coto. Indonesia memiliki kurang lebih 54 jenis soto yang tersebar di seluruh Indonesia. Walaupun memiliki rasa dasar sama berupa sup yang kuahnya dari kaldu ayam, setiap daerah yang memiliki makanan khas soto, memiliki ciri khas citarasanya masing – masing.

Isiannya pun memang paling banyak ditemukan adalah isian daging sapi atau daging ayam. Namun, ada juga yang menggunakan isian daging kambing atau daging babi. Ragam soto yang ada di Indonesia contohnya adalah soto lamongan, soto Madura, soto Kediri, soto banjar, coto Makassar, soto medan, soto bandung, dan lain – lain.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng yang telah merakyat dan memiliki beraneka macam harga ini, menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang diakui kelezatannya di dunia. Masyarakat pun terus berinovasi hingga tercipta banyak varian rasa maupun isian nasi goreng. Mulai dari nasi goreng yang biasa, nasi goreng dengan sayur mayur, nasi goreng kambing, nasi goreng bumbu buah naga, dan lain – lain.

Di Indonesia, seperti yang Anda tahu, banyak sekali penjual nasi goreng, mulai dari penjual nasi goreng keliling, hingga disajikan eksklusif di hotel – hotel atau restoran mewah.

4. Sate

Sate atau satai adalah makanan berbahan dasar daging yang dipotong kecil – kecil, ditusukkan ke bambu kecil runcing, kemudian dipanggang di atas batu arang. Penyajiannya dapat ditambah dengan bumbu kecap atau bumbu kacang.

Sate yang sudah menjadi makanan khas Indonesia ini, dapat dibeli di pedagang keliling, pedagang kaki lima, atau restoran. Biasanya, sate dimakan bersama dengan lontong, ketupat, atau nasi hangat. Ditambah juga dengan acar mentimun dan irisan bawang merah.

5. Gado – Gado

Kuliner Indonesia yang bernama gado – gado ini adalah khas dari Betawi, berupa olahan sayur mayur rebus yang dijadikan satu kemudian dituang kuah bumbu kacang, ditambah juga irisan telur dan taburan bawang goreng. Sayur mayur yang biasa digunakan untuk mengolah gado – gado di antaranya adalah tomat, sayuran hijau, tempe, irisan kentang rebus, dan tahu.

Makanan ini juga biasa disantap bersama dengan melinjo atau emping, dan kerupuk. Ada juga yang menyantapnya dengan menambahkan nasi hangat atau lontong. Biasanya orang – orang Barat atau wisatawan, menyebut gado – gado sebagai saladnya Indonesia.