Xiaomi Redmi Note 10 Pro pertama kali dirilis pada bulan Maret 2021 dengan mengusung desain keren dan spesifikasi yang unggul. Xiaomi sendiri terkenal dengan Smartphone mereka yang harganya terjangkau namun memiliki spesifikasi unggul.

Nah, Redmi Note 10 Pro juga tidak kalah dengan para pendahulunya. HP ini membawa berbagai spesifikasi canggih namun dengan harga yang masih terjangkau. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 Pro.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro

1. Desain yang Keren

Redmi Note 10 Pro merupakan HP layar lebar yang menggabungkan antara bahan premium dengan bahan murah. Hal ini bisa dilihat dari gabungan antara kaca lengkung di cover belakang dan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5. Kedua bahan ini digabung menjadi satu frame plastik glossy yang mewah.

2. Hasil Foto Bagus

Hasil foto dari HP ini sangat bagus karena dibekali dengan empat kamera belakang beresolusi 108MP (wide) + 8MP (ultrawide) + 5MP(makro) + 2MP (depth sensor). Dengan penggabungan kamera ini Anda bisa mendapat foto yang memuaskan.

3. Menggunakan MIUI 12

Redmi Note 10 Pro adalah produk Xiaomi pertama yang menggunakan MIUI 12 dengan OS Android 11. MIUI 12 ini memiliki aplikasi bawaan yang lebih sedikit, selain itu aplikasi bawaan juga bisa diatur supaya tidak menampilkan iklan yang mengganggu.

4. Baterai Awet

Untuk bagian baterainya, HP ini dibekali dengan kapasitas baterai 5020 mAh. Selain itu Anda juga bisa menggunakan Redmi Note 10 Pro dengan nyaman karena memiliki refresh rate 120Hz. Dengan baterai tersebut HP ini bisa bertahan sampai 2 hari untuk pemakaian normal.  

5. Performa Oke

Bukan cuma desain dan kameranya saja yang bagus, dapur pacu Redmi Note 10 Pro juga tidak kalah unggul. Pasalnya HP ini sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 730 yang sudah menggunakan teknologi fabrikasi 8 nm. Performa ini didukung dengan RAM berukuran 4GB dan Rom 64GB.

6. Fitur Konektivitas Lengkap

Terakhir, Redmi Note 10 Pro juga dibekali dengan fitur konektivitas yang lengkap seperti adanya NFC dan WIFI Dual Band. Ada juga fitur lain seperti Bluetooth 5.1, GPS untuk navigasi, fingerprint, accelerometer, inframerah, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Redmi Note 10 Pro

1. Fitur OIS Tidak Ada

Redmi Note 10 Pro masih belum dibekali dengan fitur OIS sehingga hasil perekaman video kurang memuaskan. Tidak adanya OIS ini bisa menyebabkan pergerakan yang tidak dibutuhkan dalam membuat video.

2. Pilihan RAM dan ROM Terbatas

Xiaomi Redmi Note 10 Pro di Indonesia hanya menyediakan satu varian saja yaitu 4GB RAM dan 64GB ROM. Padahal di luar terdapat varian lain seperti RAM 4GB dan ROM 128GB, serta RAM 8GB dan ROM 65GB.

3. Kelemahan pada Kamera

Redmi Note 10 Pro memang dibekali dengan kamera premium, namun masih ada beberapa kelemahan pada kamera HP ini. Contohnya pengambilan gambar di lama hari yang tidak terlalu bagus karena hanya bisa digunakan pada utama saja. 

4. Tidak ada Reverse Charging

Meskipun Redmi Note 10 Pro ini memiliki baterai besar dan awet, sayangnya belum ada fitur untuk melakukan pengisian ke perangkat lain atau reverse charging. Jadi masih ada kekurangan tidak bisa mengecas perangkat lain seperti earphone, smart watch, dan smart bracelet.

Demikianlah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10 Pro. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli HP Redmi Note 10 Pro.