Semakin hari, ketertarikan masyarakat terhadap investasi syariah makin meningkat. Karena investasi syariah melakukan usaha berpedoman pada nilai-nilai islam.

Umumnya, investasi syariah cocok juga untuk kamu yang sedang merintis karier dengan gaji 2-3 jutaan.

Tidak ada riba menimbulkan rasa keberkahan sendiri bagi investor. Bukan hanya bermanfaat untuk investor saja, investasi syariah juga menebar manfaat untuk orang lain.

Apa saja jenis investasi syariah terbaik? Yuk simak artikel ini sampai habis!

1. Investasi Deposito Syariah

Merupakan produk tabungan berjangka yang diterbitkan dan dikelola oleh bank. Investasi desposito syariah ini, mejadi salah satu pilihan investasi syariah terbaik dan sering digunakan oleh masyarakat.

Sistemnya kamu menyimpan dana, lalu dikelola oleh bank sesuai kurun waktu yang telah disetujui oleh kamu sebagai nasabah dan juga pihak bank.

Bank akan memberikan keuntungan tiap bulan bagi kamu dari hasil yang mereka kelola.Saat ini sudah banyak bank syariah yang menyediakan investasi deposito syariah ini.

2. Investasi Emas Syariah

Emak sudah sejak lama digunakan oleh orang-orang islam sebagai alat tukar. Emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi mulai pemula sampai pro. Apalagi, harga emas yang cenderung naik tiap tahunnya.

Selain itu, bila kamu tiba-tiba butuh dana, emas bisa diuangkan dengan mudah. Mneurut syariah, sayrat agar invetasi emas halal adalah tidak menggunakan skema berbahaya ponzi dan emas yang diinvestasikan nyata.

3. Investasi Saham Syariah

Investasi syariah selanjutnya adalah saham. Investasi saham syariah adalah surat berharga yang menjalankan konsep penyertaan modal dengan sistem bagi hasil usaha  sesuai dengan syariat islam.

Saham syariah dapat kamu temukan di Indeks Saham Syariah Indonesia, Jakarta Islamic Index dan Jakarta Islamic Index 70 yang berisi kumpulan nama perusahaan dengan bisnis yang sesuai dengan syariat islam.

Baca juga: sebelum berinvestasi saham, ketahui kesalahan-kesalahan dalam berinvestasi saham.

4. Investasi Properti

Investasi properti juga termasuk pilihan terbaik, karena risiko yang relatif kecil dan nilai jual yang cenderung naik. Contoh investasi properti seperti ruko, rumah dan tanah.

Selama uang yang kamu gunakan untuk membeli properti halal dan properti tidak digunakan untuk yang bertentangan dengan syariat islam, maka investasi tersebut dikategorikan syariah.

5. Investasi Obligasi Syariah

Obligasi syariah atau sukuk merupakan produk surat utang yang diterbitkan dengan prinsip syariah. Biasanya investasi ini, digunakan oleh perusahaan untuk mencari modal.

Pada obligasi konvensional investor akan menerima dana, namun obligasi syariah investor akan menerima imbalan.

6. Investasi Reksadana Syariah

Pada reksadana syariah, perusahaan manajer investasi akan mengalokasikan modal yang dihimpun  untuk instrumen seperti saham, obligasi, dan produk pasar uang yang  pastinya sesuai ketentuan syariah.

7. Investasi P2P Lending Syariah

Konsep Peer to Peer Lending (P2P) adalah  pendanaan yang dapat mempertemukan pihak pemberi pinjaman dengan para pencari pinjaman. Kamu tidak perlu khawatir, sejumlah P2P lending di Indonesia tersedia jenis syariah.

Sehinggga dana tidak akan dialokasikan untuk yang tidak sesuai syariah. Dana biasnanya dialokasikan untuk memberi pinjaman modal usaha.

Oke itulah beberapa informasi menarik yang bisa kami sampaikan kepada kamu terkait investasi syariah terbaik. Jangan lupa sesuaikan dan pertimbangkan jenis investasi sesuai kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.