Hampir semua produsen smartphone berfokus ke seri premium mereka, namun Realme lebih menekankan eksistensinya pada segmen low-end dengan merilis berbagai smartphone yang memiliki spesifikasi tidak tanggung-tanggung. Salah satunya adalah Realme C2. Dapat dibilang jika smartphone ini merupakan pilihan terbaik di kisaran harga satu jutaan rupiah.

Sebagai penerus dari Realme C1, smartphone seri C2 besutan Realme ini digadang-gadang akan merajai persaingan smartphone kelas bawah atau entry level dengan harganya yang terjangkau namun memiliki spesifikasi mumpuni dalam kelasnya, yang sebelumnya dipegang oleh pendahulunya tersebut. Hal ini dikarenakan peningkatan pada berbagai fitur dan desain yang lebih inovatif.

Bocoran Realme C2

Setelah akun instagram Realme Indonesia mengkonfirmasi akan menghadirkan Realme 3 Pro beberapa waktu lalu, kini giliran bagi Realme C2 yang mulai hadir dalam pasar smartphone di Indonesia. Menurut kabar yang beredar, generasi penerus dari RealmeC1 ini akan mengusung layar LCD HD+ IPS sebesar 5,7 inchi dengan perlindungan berupa kaca lengkung 2.5 D.

Sedangkan untuk sektor dapur pacu, spesifikasi dari C2 ini akan diotaki oleh prosesor Helio P22 besutan MediaTek yang dikombinasikan dengan beberapa kapasitas RAM serta internal storage. Ini menunjukan jika C2 siap untuk mendobrak pasar smartphone kelas entry level di Indonesia.

Dalam fitur hiburan, smartphone terbaru dari Realme ini dilengkapi dengan kamera selfie yang memiliki resolusi sebesar 8 MP dan telah didukung kemampuan merekam video beresolusi 1080p, lebih tinggi dari pada seri sebelumnya, yakni Realme C1 yang hanya mengusung kamera depan dengan resolusi 5 MP saja.

Untuk kamera belakangnya, C2 ini mengusung sepasang kamera dengan sensor konfigurasi 13 MP dan 2 MP. Guna memberi dukungan mobilitas bagi para penggunanya, kemungkinan besar baterai yang dibawa smartphone ini adalah Li-ion berdaya 4320 mAh disertai teknologi pengisian daya secara cepat sebesar 10 W melalui port USB tipe C.

 

Spesifikasi Realme C2

Dapat dikatakan bahwa desain yang diusung oleh C2 ini mengingatkan pada generasi sebelumnya yakni Realme 2. Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama mengusung desain Diamond Cut pada sisi belakangnya sehingga dapat membuatnya tampak lebih menarik dan premium.

Selain itu, raja baru di kelas entry level ini menyediakan dua pilihan warna baru yang sangat cantik yaitu Diamond Blue serta Diamond Black. Untuk sistem operasi yang digunakan, Realme telah memasukan Android 9.0 Pie kedalam smartphone penerus dari Realme C1 ini.

Untuk mendongkrak kinerja yang dihasilkan, spesifikasi dari Realme C2 ini telah ditenagai oleh chipset Helio P22 besutan MediaTek yang mempunyai clockspeed mencapai 2.0 GHz disandingkan dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB dan 3 GB serta didukung oleh PowerVR GE8320 untuk sektor grafisnya.

Untuk varian C2 dengan kapasitas RAM sebesar 3 GB akan ditopang oleh internal storage sebesar 32 GB. Sedangkan untuk versi terendahnya yaitu RAM 2 GB akan dipasangkan dengan internal storage sebesar 16 GB. Menariknya lagi, kedua pilihan ruang penyimpanan tersebut masih bisa diperluas lagi dengan slot microSD card hingga 258 GB.

Sama seperti kebanyakan smartphone Android masa kini, C2 juga hadir dengan mengusung layar luas dan menggunakan panel IPS LCD. Resolusi layar yang dihasilkan pun juga sudah memadai yakni 720 x 1560 piksel dengan aspek rasio 19:5:9 serta pemberian notch atau poni di bagian atas layar layaknya smartphone modern saat ini.

Dengan spesifikasi memadai yang diusung, Realme C2 juga mampu bekerja secara multitasking dengan lancar. Layar luas yang dihadirkan juga membuat para penggunanya semakin asyik dalam menjalankan multimedia maupun bermain game dengan grafis sedang. Tidak hanya itu, namun layar ini juga telah dilindungi dengan anti gores berupa Gorilla Glass 3 besutan Corning.

Tidak mau kalah dengan para kompetitornya, pada bagian belakang dari smartphone ini telah ditanami dengan konfigurasi dual camera. Masing-masing lensa mempunyai resolusi sebesar 13 MP dengan aperture f/2.2 untuk kamera utamanya, serta lensa kedua sebesar 2 MP berfungsi untuk depth sensor.

Selain mampu menghasilkan foto yang berkualitas tinggi, kamera utama pada C2 ini sudah memiliki teknologi AI yang dapat digunakan untuk merekam video slow motion. Sementara untuk kamera selfie, di bagian depan dari smartphone ini telah diletakkan kamera dengan resolusi sebesar 5 MP HDR.

Walaupun C2 ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun dalam urusan daya baterai Realme telah menanamkan baterai yang memiliki kapasitas daya cukup besar yaitu 4000 mAh. Dengan adanya teknologi MediaTek CorePilot dan prosesor 12nm, mampu membuat pemakaian daya baterai lebih efisien dan tentunya lebih irit.

Hal yang tidak kalah menarik dari smartphone ini, yaitu tersedianya tiga buah slot yang masing-masing berguna untuk SIM-card dua buah slot serta satu slot lagi khusus untuk eksternal memori berupa microSD card. Hal ini membuat para penggunanya tidak perlu mengorbankan satu slot SIM jika ingin menggunakan eksternal memori sebagai penopang internal storage.

Dalam sektor keamanan, seri C2 dari Realme ini hanya dibekali dengan satu fitur sensor biometrik yakni AI Racial unlock yang memanfaatkan kamera depan. Jika melihat bagian belakang dari smartphone ini memang polos yang berarti tidak ada peletakkan fingerprint.

 

Keuggulan Realme C2

Desain yang diusung dalam Realme C2 ini, memakai model Diamond Cut yang sangat ikonik. Terinspirasi dari Young Zen style dengan bentuk pada sudut layar yang membulat, serta potongan berlian yang merupakan desain khas dari Realme sehingga membuat penampilanya semakin premium dan pastinya lebih elegan.

Dengan mengusung layar sebesar 6,1 inchi dan dewdrop notch dimana sreen to body ratio-nya mencapai 89%, membuat tampilan layar dari smartphone ini sangat lebar dan sangat nyaman digunakan untuk menonton video maupun bermain game mobile. Selain itu, penambahan proteksi layar berupa Corning Gorilla Glass juga membuat layarnya tahan akan berbagai macam goresan.

Sebagai salah satu smatphone kelas entry level, Realme telah memerikan fitur kamera yang cukup baik pada smartphone ini. Terdapat dual camera yang memiliki konfigurasi 13 MP dan 2 MP dengan lensa 5P serta bukaan f/2.2 pada bagian belakang ponsel ini. Penambahan teknologi MediaTek’s Imagiq Suite juga membantu dalam menghasilkan gambar lebih berkualitas.

Fitur paling menarik yang dimiliki oleh C2 ini adalah Chrioma Boost, dimana fitur ini akan memanfaatkan teknologi AI untuk mengoptimalkan serta mengidentifikasi scene, memberi ekspour lebih seimbang, meningkatkan dynamic range pada keseluruhan hasil foto, serta menajamkan detail yang lebih tinggi pada shadows dan highlight.

Jika Anda tertarik untuk memiliki Realme C2, maka tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau untuk spesifikasi yang diberikan. Untuk versi RAM 2 GB dan internal storage sebesar 16 GB, ponsel ini dibanderol sekitar 1,5 juta rupiah. Sedangkan untuk versi RAM 3 GB dan internal storage 32 GB dibanderol dengan kisaran harga 1,7 juta rupiah.

Temukan artikel teknologi menarik lainnya di website teknologi no1, piwiq (piwiq.com).