Kategori
agama

Doa Qunut

Pernahkah Anda mendengar istilah doa qunut? sebagai doa yang disunnahkan oleh Rasullullah memang memiliki banyak keutamaan untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Tetapi, bacaan doa tersebut memang tidak wajib atau tidak termasuk ke dalam bacaan solat fardhu. Tetapi, ketika dilafalkan doa qunut akan memberikan kebaikan untuk Anda.

Bacaan Doa Qunut dalam Sholat Subuh

Tentunya bacaan solat 5 waktu memang sudah tidak dapat diubah urutannya, lalu kapan membaca doa qunut? Anda dapat membacanya setelah rukuk pada waktu solat subuh. Terdapat bacaan doa qunut yaitu doa qunut nazilah yang fungsinya dibaca ketika kita mengalami musibah. Dengan membaca doa tersebut maka kita sebagai umat muslim harus berserah diri untuk meminta petunjuk-Nya dari menghadapi musibah.

Belum mengetahui doa qunut yang harus dibaca dalam waktu solat subuh? Ini dia bacaannya yang harus dihafalkan.

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ

Allah hummah dinii fiiman hadait.

وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ

Wa’aa finii fiiman ‘aafait.

وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ

Watawallanii fiiman tawal-laiit

وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ

Wabaariklii fiimaa a’thait.

وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،

Waqinii syarramaa qadhait

فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik.

وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ

Wainnahu laayadzilu man walait.

وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ

Walaa ya’izzu man ‘aadait.

تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ

Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait.

وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

Astaghfiruka wa’atuubu ilaik.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Artinya:

Ya Allah tunjukkanlah akan aku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan.

Berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan.

Peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan.
Berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan.
Selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan.
Sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.
Sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.
Tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya.
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan.
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau.
Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Tata Cara Doa Qunut

Ketahuilah tata cara doa qunut yang tepat yaitu dilaksanakan ketika I’tidal atau gerekan setelah rukuk. Nah, doa tersebut dilakukan pada rukuk terakhir dalam solat subuh yang berarti dibacakan pada rakaat kedua. Setelah membaca doa qunut yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya maka bisa melanjutkan gerakan solat seperti biasanya.

Jika melakukannya sesuai dengan tata cara yang tepat maka akan membuat ibadah Anda menjadi lebih sempurna. Nah, ketahui tujuan dari membaca doa qunut yaitu untuk meminta agar dijauhkan dari musibah. Tidak hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga bisa untuk meminta pertolongan untuk saudara Anda agar dijauhkan dari musibah.

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

Ternyata manfaat dan keutamaan doa qunut sangatlah banyak, simak manfaat dan keutamaan doa qunut berikut yang kami kutip dari Fahmipedia.com .

  • Memberikan Petunjuk

Dari doa qunut tersebut memiliki manfaat untuk memberikan petunjuk kepada setiap umat muslim. Hal tersebut dijelaskan dalam lafal  “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang artinya berupa permintaan seorang hamba kepada Allah agar diberikan petunjuk. Nah, kalimat tersebut merupakan kata-kata tawasul yang mengartikan adanya nikmat hidayah yang diberikan oleh-Nya.

Dengan demikian ketika sedang mengalami berbagai permasalahan kehidupan maka bisa memohonkan pertolongan kepada Allah SWT agar mendapatkan petunjuk dari-Ny sehingga dapat mengatasi segala persoalan yang ada.

  • Mendapatkan Perlindungan

Berikutnya, dengan melafalkan doa qunut tersebut juga akan mendatangkan perlindungan dari Allah SWT. Pernyataan tersebut terdapat dalam lafal  “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang artinya berikanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lainnya.

Dari kata-kata tersebut pastinya akan menguatkan artinya bahwa Allah SWT dapat memberikan perlindungan kepada hamba-Nya yang meminta pertolongan. Nah, perlindungan yang diberikan tersebut tentunya tidak hanya perlindungan dalam kehidupan di dunia tetapi juga di akhirat.

  • Menghindarkan Dari Berbagai Penyakit

Doa qunut juga memiliki makna untuk menghindarkan dari berbagai penyakit. Makna tersebut terdapat dalam lafal doa  “wa’aafini fii man hadaiit” yang diyakini mampu memberikan perlindungan berbentuk keselamatan. Tentunya, kalimat tersebut bisa mencegah umat muslim mengalami penyakit yang berbahaya mulai dari penyakit rohani maupun jasmani.

Dengan membaca doa qunut juga akan menghindarkan manusia agar terhindari dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, baik dari segi nafsu, tahta, dan harta. Tentunya, ketika hati kati merasa tenang dengan apapun yang kita hadapi maka akan terhindari dari segala penyakit hati sehingga akan membuat hati semakin tentram.

  • Memberikan Berkah Terhadap Nikmat yang Diberikan

Ketahui juga dalam doa qunut terdapat lafal doa  “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang memiliki makna berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih. Dari lafal tersebut maka dapat dimaknai bahwa banyak atau sedikit nikmat yang diberikan oleh Allah SWT tentunya akan menjadi berkah tersendiri bagi hambanya.

Ketika kita mendapatkan berkah dari Allah SWT maka nikmatnya tidak hanya bisa dirasakan dalam kehidupan di dunia, tetapi juga akan kita rasakan dalam kehidupan di akhirat atas izin dari-Nya.

Bagaimana Kalau Lupa Doa Qunut?

Apabila ketika lupa membaca doa qunut maka bisa mengatasinya dengan melakukan sujud sahwi untuk menutupi kekurangan tersebut. Tak jauh berbeda dengan ketika kita lupa dengan jumlah solat yang telah kita lakukan maka bisa mengatasinya dengan melakukan sujud sahwi tersebut. Dengan demikian maka akan membuat ibadah solat subuh Anda menjadi lebih sempurna.

Solusi Doa Qunut Saat Berjamaah

Bagaimana solusi atau anjuran doa qunut dalam melakukan solat subuh berjamaah? Baik mengikuti makmum ataupun imam maka sebaiknya ketahui tata cara membaca bacaan doa qunut dalam doa subuh dalam penjelasan di bwah ini.

  1. Apabila Anda menjadi Imam

Ketika Anda menjadi imam maka disunnahkan untuk membaca doa qunut sebagai bentuk menggantikan bacaan doa i’tidal. Hal tersebut dikarenakan bacaan doa qunut lebih diutamakan dibandingkan doa i’tidal yang memiliki hukum sunnah hai’at.

Dengan demikian maka akan semakin membantu dalam membaca doa qunut yang akan membantu setiap umat islam dalam mengatasi segala permasalahan.

  • Apabila Anda menjadi makmum

Berikutnya, terdapat doa qunut apabila Anda sebagai seorang makmum. Jadi, qunut boleh dibaca setelah bacaan i’tidal. Tetapi, ternyata doa tersebut mencakup istighfar dan pujian. Selain itu, ketika menjadi makmum maka doa qunut akan bisa dilakukan sujud sahwi atau boleh juga mufaroqoh.

Dengan bacaan doa qunut tersebut akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dalam mengatasi setiap permasalahan yang ada atas izin Allah SWT.

Hukum membaca doa qunut dalam sholat, ada beberapa pendapat dari para Ulama. Silahkan Anda ikuti pendapat Ulama yang Anda ikuti. Jangan sampai terjadi perpecahan di dalam tubuh kaum muslimin hanya karena berbeda pendapat. Allahua’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *