Setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah memang harus dibuat proposal, termasuk kegiatan perpisahan. Jika dalam waktu dekat, Anda akan mengadakan perpisahan di sekolah, maka contoh proposal perpisahan sekolah berikut ini perlu dipelajari. 

Pembuatan proposal perpisahan bertujuan untuk mendapatkan dana dan memberitahukan mengenai rincian acara. Oleh sebab itu, proposal wajib berisi bagian-bagian yang memuat informasi penting tersebut.  

Referensi Contoh Proposal Perpisahan Sekolah

Jika berencana mengadakan kegiatan perpisahan di sekolah, maka dapat menjadikan contoh proposal perpisahan sekolah ini sebagai referensi: 


PENDAHULUAN

Latar Belakang
Perpisahan untuk melepas siswa-siswi kelas XII merupakan momen haru sekaligus penuh kebanggaan karena para adik kelas dan seluruh guru melepas mereka yang untuk menuju kesuksesan lain di luar sana. 

Momen perpisahan harus dibuat sebaik mungkin sebagai wujud apresiasi dan agar dapat dikenang nantinya. Oleh karena itu, kegiatan pentas seni diselenggarakan untuk mengisi momen perpisahan agar lebih indah dan berkesan. 

Tujuan

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan perpisahan dan pentas seni ini, antara lain: 
Memberikan hiburan dan kenang-kenangan terbaik untuk para siswa kelas XII yang lulus dari SMA Negeri Panca Lima; Menguatkan persaudaraan antar siswa di SMA Negeri Panca Lima;Memberikan kesempatan bagi para siswa untuk menunjukkan bakat dan meningkatkan kreativitas. 

ISI PROPOSAL

Tema
Kegiatan ini mengusung tema “Meraih Masa Depan Tanpa Menunda”. Tema tersebut dibuat agar para siswa terdorong untuk meraih cita-cita dengan penuh semangat dan memanfaatkan waktu dengan baik tanpa penundaan yang merugikan. 


Jenis Kegiatan
Adapun jenis kegiatan yang akan dilaksanakan, meliputi:
Tari tradisional dan kontemporer;Drama kolosal;Musikalisasi puisi;Pencak Silat;Gamelan dan music band.

Peserta
Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan siswa dari setiap kelas X dan XI SMA Negeri Panca Lima. 

Daftar Peralatan
Kegiatan ini membutuhkan peralatan sebagai berikut: 
Pengeras suara dan mikrofon;Spanduk;Kostum dan atribut pendukung;Tempat duduk penonton dan tempat duduk untuk tamu kehormatan;Alat musik gamelan dan band. 

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Mei 2020 di Aula Utama SMA Negeri Panca Lima. Rincian kegiatan yang meliputi waktu pelaksanaan, penanggung jawab dan keterangan lain terlampir dalam proposal ini. 

SUSUNAN ACARA

Susunan acara secara detail terlampir dalam proposal ini.

SUSUNAN KEPANITIAAN 

Berikut susunan panitia Perpisahan & Pentas Seni SMA Negeri Panca Lima: 
Pelindung : Sunarso, M.Pd Pengarah : Ahmad Rifai, S.PdPenanggung jawab : Burhan Ketua Panitia : MaulanaSekretaris : NandiBendahara : AjengKetua Divisi Acara : Fahmi Ketua Divisi Humas : BagasKetua Divisi Keamanan : Jaelani Ketua Divisi Dokumentasi : Putri AyuKetua Divisi Dana Usaha : Najwa Ketua Divisi Peralatan : Bayu

RENCANA ANGGARAN

Detail rencana anggaran terlampir dalam proposal ini. 

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat dengan pertimbangan yang matang melalui penyelenggaraan rapat bersama seluruh pihak yang terlibat sebagai panitia. Semoga kegiatan Perpisahan & Pentas Seni ini mendapatkan dukungan penuh dari Bapak dan Ibu Guru serta seluruh pihak sekolah. 

Referensi: Contohproposal.id

Dalam contoh proposal perpisahan sekolah tersebut memuat komponen penting untuk memudahkan orang lain paham akan tujuan dan isinya. Komponen tersebut meliputi latar belakang, tujuan, tema, waktu, jenis kegiatan, susunan acara, anggaran biaya, susunan panitia dan peserta.