Kategori
Pendidikan

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi – Jenis-jenis paragraf dalam bahasa Indonesia ada banyak sekali. Misalnya, jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya yaitu paragraf deduktif, induktif dan campuran. Ada juga jenis paragraf berdasarkan isinya, seperti paragraf eksposisi, paragraf narasi, paragraf deskripsi, dan lain-lain.

Nah, pada artikel kali ini kita membahas mengenai paragraf deskripsi lengkap dengan contohnya. Apa itu paragraf deskripsi? Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sebuah objek secara rinci, sehingga seseorang yang membaca paragraf ini seolah-olah melihat atau merasakan objek tersebut. Objek yang ada di dalam paragraf deskripsi bisa berupa orang, benda, atau objek yang lainnya.

Ada 3 jenis paragraf deskripsi, yaitu :

  • Spasial, merupakan paragraf yang menjelaskan objek berupa ruang atau tempat.
  • Subjektif, merupakan paragraf yang menjelaskan pendapat penulis terhadap suatu objek.
  • Objektif, merupakan paragraf yang menjelaskan objek sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Agar lebih paham, berikut kami sajikan beberapa contoh paragraf deskripsi singkat.

Contoh Paragraf Deskripsi 1

Buah kersen adalah buah yang mempunyai nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berbentuk bulat kecil. Warnanya hijau ketika baru tumbuh. Menjelang matang, warnanya berubah menjadi kuning dan perlahan-lahan menjadi merah ketika matang. Diameter buah ini sekitar 1-1,5 cm. Tekstur buah ini sangat lembut dan memiliki rasa yang manis.

Contoh Paragraf Deskripsi 2

Kamarku mempunyai ukuran 3 x 4 m² dengan warna pink sebagai warna latarnya. Kamar ini berisi kasur, meja belajar, dan lemari baju. Benda-benda lain yang ada di kamarku seperti gitar, tv, komputer, gantungan baju serta rak berisi buku dan CD.

Contoh Paragraf Deskripsi 3

Aku mempunyai banyak pohon durian di kebun belakang rumah. Pohon-pohon tersebut hanya memiliki tinggi sekitar 4 – 5 meter saja. Saat ini buahnya sangat banyak. Ketika sedang musim dan aku ingin memakan buah durian, aku tinggal memetiknya saja. Pohon-pohon durian tersebut dikelilingi oleh pagar.

Contoh Paragraf Deskripsi 4

Selama aku mengenalnya, dia adalah sosok yang baik dan juga menyenangkan. Dia selalu mengerti jika aku sedang kesusahan atau berduka tanpa aku bercerita kepadanya. Tak hanya itu, dia pun sering membantuku melewati masa-masa sulit yang kualami. Namun sayang, dia memiliki sifat yang tertutup dan terlalu lugas ketika berbicara. Hal itulah yang membuat dia memiliki teman yang sedikit. Padahal, jika orang-orang mau mengerti sifatnya, niscaya mereka akan mendapat perlakuan baik seperti yang telah aku rasakan.

Contoh Paragraf Deskripsi 5

Dendeng Balado merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar. Kemudian dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Hal ini dilakukan agar daging tersebut menjadi kering. Setelah selesai dijemur, daging sapi tersebut digoreng sampai kering dan matang. Setelah matang, diberi bumbu balado yang terbuat dari cabai dan bumbu lainnya. Bumbu-bumbu yang diberikan membuat warna dendeng menjadi kemerah-merahan. Rasa pedas dari bumbu balado ini akan terasa di lidah saat Dendeng Balado disantap.

Itulah beberapa contoh paragraf deskripsi singkat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *