Kata yang kerap diucapkan banyak orang di jaman perkembangan teknologi semakin berkembang dengan pesat, screenshot.

Screenshot merupakan gambar hasil tangkapan layar dari alat elektronik seperti ponsel pintar dan laptop atau komputer, namun bagaimana cara screenshot di laptop?

Hal ini dapat dipakai jika memiliki laptop dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10. Beberapa cara yang bisa digunakan melakukan screenshot sistem operasi ini dilakukan dengan menggunakan keyboard dan shortcut.

Cara Screenshot di Laptop

Ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar atau screenshot melalui laptop dengan sistem operasi Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 adalah dengan cara menekan tombol Logo Windows + Print Screen (PrtSc) pada keyboard Anda secara bersamaan.

Ketika Anda sudah berhasil melakukan tangkapan layar atau screenshot dengan menggunakan laptop yang sistem operasinya memakai Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Hasil tangkapan layar ini akan disimpan pada salah satu folder di laptop, yakni C:User[nama user]PicturesScreenshots.

Terdapat beberapa cara untuk dapat melakukan tangkapan layar atau screenshot ini, cara-cara ini dapat menjadi alternatif bagi para pengguna laptop, beberapa cara ini dapat dipilih yang paling mudah bagi Anda, sehingga kesan sulit melakukan tangkapan layar akan hilang.

  • Print Screen

Cara ini dapat diterapkan pada laptop yang menggunakan sistem Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 hingga Windows 10. Anda hanya perlu menekan tombo Print Screen, setelah menekan tombol ini Anda dapat mengambil hasil yang tersimpan dalam RAM.

Jika sudah, Anda telah mengambil dan menyalin hasil tangkapan tersebut, dan untuk menampilkannya, Anda harus menempatkan tangkapan layar terseut kemanapun yang Anda inginkan, misalnya Microsoft Word atau Paint atau fitur lainnya yang tersedia di laptop.

  • Alt + Print Screen

Cara yang harus dilakukan adalah sama dengan cara diatas dengan menekan tombol Alt + PrintScreen dan paste tangkapan layar dari jendela yang tengah aktif saja, taskbar dan yang lain tidak dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Snipping Tool

Pada Windows terdapat salah satu aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar yakni dikenal dengan nama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil tangkapan layar dan membuat anotasinya, Anda bisa mencari melalui Cortana (Windows 10) atau Start dan ketikan ‘Snipping Tool’.

  • Windows Vistas dan Windows 7

Perlu diketahui bahwa laptop dengan sistem Windows Vista dan Windows 7 juga telah dibekali oleh Microsoft metode agar dapat digunakan untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot, jadi jangan khawatir.

Caranya adalah dengan menggunakan snipping tools, Anda dapat menemukan fitur ini karena fitur ini telah disematkan pada seluruh laptop versi Windows, kecuali edisi starter dan basic dan tentunya Windows XP.

Untuk membuka fitur ini bisa menekan tombol start, lalu pilih All Programs kemudian pilih Accesories dan ketik Snipping Tool. Anda bisa mengambil tangkapan layar di aera screenshot secara spesifik di layar monitor Anda dengan menggunakan aplikasi ini.

  • Cara Otomatis

Ini merupakan cara baru melakukan tangkapan layar yang ada pada Windows 10, caranya pun mudah yakni tinggal menekan tombol Windows berbarengan dengan tombol huruf H. Secara otomatis, laptop akan melakukan tangkapan gambar pada layar Anda dan otomatis akan membuka windows share toolbar.

Penjelasan singkat diatas diatas merupakan beberapa cara yang bisa digunakan dan diterapkan untuk melakukan cara screenshot di laptop milik Anda, diharapkan cara diatas dapat membantu Anda yang kebingungan dalam melakukan screenshot melalui laptop.

Sumber artikel: Klik disni