cara repair windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer yang didalamnya terdapat fitur untuk merepair OS tersebut.

Perlu diketahui, repair Windows merupakan cara untuk menanggulangi beragam masalah boot pada Windows. Misal salah satunya seperti lambat prosesnya.

Dengan melakukan repair Windows, maka kita dapat melakukan proses booting dengan cepat. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan.

Perlu diketahui, ini merupakan fitur penting yang harus diketahui oleh pengguna Laptop dan PC dengan sistem operasi Windows.

Apakah kamu mengetahui bagaimana cara repair Windows 10 tanpa harus melakukan Install ulang? Jika belum, silahkan simak ulasan di bawah ini yang sudah kami rangkum melalui situs web winstrix.

Cara Repair Windows 10

Kenapa kami membuatkan informasi ini? Alasannya agar bisa memudahkan pengguna Windows untuk melakukan repair dengan mudah.

Apakah kamu pernah mendapati masalah pada OS Windows 10? Biasanya permasalahan yang kerap terjadi pada laptop atau komputer ini selalu gagal dalam proses Booting, patah-patah atau ngelag dan tiba-tiba melakukan restarting sendiri.

Jika hal ini terjadi pada perangkat komputer yang kamu gunakan, tentu saja perasaan sebagai pemilik akan khawatir akan hal ini, bukan begitu?

Lantas bagaimana cara mengatasinya jika hal ini terjadi? Yaitu dengan cara melakukan install ulang Windows 10. Tapi tunggu dulu, kamu bisa mengatasinya tanpa harus melakukan penginstalan ulang. Yaitu dengan cara repair Windows.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

Repair Windows 10 Menggunakan CMD

Cara awal yang dapat kamu lakukan untuk repair Windows 10 adalah menggunakan Command Prompt dan memanfaatkan tools system file checker.

Fungsi dari tools ini sebagai media untuk meneliti semua file sistem ada yang corrupt atau tidak. Jika ada, maka tools tersebut akan mengembalikan semua file yang corrupt.

Ternyata tak hanya itu saja teman-teman, tools ini bisa juga kita manfaatkan untuk mengetahui terjadinya error atau tidak melalui pemberitahuan.

Untuk mempersingkat waktu, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Silahkan buka Command Prompt
  • Setelah itu ketik perintah “Sfc/Scannow” dan tekan Enter
  • Tunggu sebentar sampai prosess scanning selesai. Berapa lama? Tergantung dari banyaknya program yang terpasang pada perangkat komputer. Semakin banyak aplikasi yang terpasang, maka waktu scanning-nya pun lumayan cukup lama.
  • Jika proses scanning selesai, maka akan ada pemberitahuan dari proses tersebut yang bunyinya seperti ini “Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log”
  • Selesai

Repair Windows 10 Melalui System Restore

Langkah kedua untuk melakukan repair Windows dengan memanfaatkan fitur bawaan yang ada pada Windows 10, yaitu System Restore.

Dengan fitur tersebut dapat mengembalikan kondisi komputer dari waktu ke waktu. Teorinya seperti ini, jika kamu mengalami kerusakan pada tanggal 8 Februari 2020 dan membuat Restore Point pada tanggal 1 Januari 2020, maka komputer yang kamu gunakan kondisinya akan kembali seperti saat pertama kali kamu Restore.

Berikut langkah-langkah repari Windows 10 melalui System Restore, silahkan ikuti dan aplikasikan langsung.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tekan Windows + R, lalu ketik “sysdm.cpl”
  • Kemudian klik Next untuk melanjutkan proses tersebut
  • Kemudian akan ada Wizard dan pilih Scan for Affected Programs untuk menelaah data apa saja yang akan dilakukan Restore.
  • Kemudian keluar dan klik Next untuk melanjutkan proses terakhir.
  • Langkah terakhir, kamu akan melihat informasi mengenai jadwal Restore Point yang sudah pernah dijadwalkan sebelumnya. Namun, jika belum ada informasi tersebut, kamu bisa membuat kembali dengan cara pilih menu Creat yang letaknya pada cara kedua. Setelah itu pilih menu Finish untuk mengakhiri cara ini.