Cara Meningkatkan Sistem Imun

Bagaimana cara meningkatkan sistem imun?  selama kita masih bernapas sistem imun tubuh kita bekerja untuk menangkal radikal bebas, bakteri, virus dan mikro-organisme yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, terkadang sistem kekebalan tubuh kita kalah oleh serangan virus dan bakteri dan membuat tubuh kita jatuh sakit. Kembali ke pertanyaan, apakah bisa kita meningkatkan sistem imun? bagaimana caranya? apakah harus mengubah gaya hidup?

Mengutip Harvard Medical School, makanan yang Anda konsumsi, faktor usia, frekuensi olahraga, kesehatan mental dan tingkat stress mempengaruhi respon sistem imun dalam menangkal radikal, virus atau bakteri yang masuk ke tubuh Anda. Dengan kata lain, penerapan gaya hidup sehat mempengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda.

Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai Cara Meningkatkan Sistem Imun secara Alami dengan menerapkan gaya hidup sehat. Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Meningkatkan Sistem Imun secara Alami

1. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok dapat merusak pembuluh darah dan menganggu sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini membuat tubuh Anda lamban dalam menyembuhkan peradangan atau luka. Selain itu, para tubuh para perokok umumnya memiliki ketahanan tubuh terhadap infeksi yang lemah, terutama pada jaringan otot mulut dan tenggorokan, hal ini menyebabkan tubuh Anda rentan jatuh sakit.

Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok agar sel-sel tubuh Anda berfungsi maksimal dan mampu menangkal serangan virus dan bakteri.

2. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol dapat menurunkan respon sel imun yang bernama Cytokines, cytokines bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk menangkal infeksi. Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh dalam mencegah mutasi sel kanker, infeksi bakteri penyebab Pneumonia, TBC dan penyakit lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai kurangi konsumsi alkohol untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

3. Kurangi Makanan Tinggi Gula

Menghindari makanan tinggi gula juga merupakan salah satu cara meningkatkan sistem imun Anda. Saat kadar gula tubuh Anda meningkat, sel imun Neutrophils akan kehilangan kemampuan dalam menangkal infeksi dari bakteri pathogens.  Bahkan dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa sesaat mengonsumsi makanan dan minuman manis, sistem kekebalan tubuh Anda akan tidur selama lima jam sebelum aktif kembali.

Oleh karena itu, ada baiknya kurangi asupan gula. Terutama pada saat pergantian musim.

4. Konsumsi Buah Bidara

Manfaat buah bidara dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah karena kandungan vitamin A, Vitamin C dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Kandugan antioksidan dalam buah ini sangat baik dalam mencegah kerusakan kolagen karena sinar matahari, dan mencegah mutasi genetik penyebab kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengutip Manfaat.PRO, konsumsi buah bidara dapat memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh Anda, vitamin C dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka, mempercepat pemulihan setelah sakit dan menjaga kesehatan kulit Anda.

5. Konsumsi Makanan Fermentasi

Saluran pencernaan Anda merupakan tempat berkembangnya bakteri baik bakteri jahat maupun bakteri baik. Bakteri baik di usus diperlukan oleh tubuh Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan mikroorganisme yang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Bakteri baik juga dibutuhkan untuk mencerna vitamin dan mineral yang berasal dari makanan sehingga mudah diserap oleh tubuh Anda.

Untuk mendapatkan bakteri baik Anda dapat mengonsumsi makanan fermentasi seperti Yogurt, Keju, Kimchi dan Acar

6. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda, kandungan antioksidan dan antimikroba di dalamnya dapat melindungi Anda dari ancaman infeksi mikro-organisme yang mengancam kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi satu siung bawang putih dua kali dalam sepekan dapat menghindarkan Anda dari beragam jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

7. Tidur Cukup

Tidur cukup merupakan salah satu menjaga kesehatan dan melindungi Anda dari beragam penyakit. Kurang tidur dapat menyebabkan meningkatnya hormon kortisol penyebab stress, seperti yang Anda ketahui stress dapat menyebabkan menurunya sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat tubuh Anda rentan terhadap penyakit.

Tidur minimal enam jam setiap malam dapat membantu tubuh Anda mengembalikan kondisi tubuh Anda dan mempercepat proses penyembuhan. Oleh karena itu, hindari begadang.

Demikian pembahasan mengenai Cara Meningkatkan Sistem Imun tubuh Secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.