Cara Menghemat Kuota

Kuota menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Bagaimana tidak, dengan kuota internet kita bisa mengakses segala sesuatu yang ada di Internet. Entah itu untuk melihat berita, video youtube, maupun berselancar di facebook dan google.

Kami yakin, menghemat kuota = menghemat uang. Kami akan bagikan beberapa cara menghemat kuota yang bisa langsung Anda praktekkan sekarang juga. Berikut ini:

1. Nonaktifkan Google Maps

Maps menguras cukup banyak kuota internet dengan cepat. Dan kami yakin tidak banyak pengguna android yang sadar akan hal ini. Untuk itu, nonaktifkan google maps untuk menghemat kuota.

2. Gunakan Browser yang Lebih Efisien

hemat kuota

Hindari menggunakan browser default bawaan smartphone, karena selain mempunyai loading yang berat, juga kurang efisien dalam penggunaan datanya. Gunakan browser seperti Google Chrome atau Opera Mini atau Safari jika anda menggunakan MAC OS.

3. Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Sinkronisasi otomatis yang dilakukan di smartphone dapat menguras kuota tanpa kita sadari. Untuk itu sebaiknya nonaktifkan sinkronisasi otomatis di beberapa akun yang jarang digunakan.

4. Aktifkan Batas Penggunaan Data dan Peringatannya

Nah, tips ini menurut kami sangat patut Anda coba. Kamu akan mendapat peringatan ketika pemakaian kuota sudah melampaui batas. Untuk mengatur penggunaan mobile data ini Anda bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

5. Selalu Cek Sisa Kuota

Anda perlu mengecek sisa kuota setiap hari agar menghindari kuota habis secara tiba-tiba, apalagi ketika anda sedang berada dalam urusan penting. Jika Anda pengguna kartu 3, kami mempunyai panduan cara cek kuota 3 yang bisa anda gunakan.

6. Restrict Background Data

Masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK.

Dengan melakukan langkah diatas, anda bisa menghemat kuota internet. Tetapi kekurangannya adalah terdapat kemungkinan anda ketinggalan menerima notifikasi.

7. Cari Tahu Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Data

Anda perlu menelusuri aplikasi yang paling banyak memakan data. Seperti instagram atau youtube yang umumnya menyedot kuota yang banyak. Dan anda akan tahu apa yang anda akan lakukan berikutnya.

8. Update Aplikasi dengan Wifi

Pembaharuan aplikasi terjadi lumayan sering dalam satu minggu, salah satu cara ampuh menghemat kuota adalah dengan menggunakan Wifi untuk mengupdate berbagai aplikasi di smartphone. Dan jangan aktifkan fitur auto update application.

9. Pakai Aplikasi Kompresi Data

Kamu bisa menggunakan Onavo Extend untuk mengompress data. Aplikasi ini bekerja dengan menganalisa semua aplikasi yang ada di smartphone.