Cara Mengatasi Wifi Tanda Seru di Android

Jaringan WiFi saat ini menjadi salah satu hal yang bisa dikategorikan wajib ada di setiap rumah.

Namun apa jadinya jika tiba-tiba Anda mengalami masalah pada jaringan WiFi tersebut, masalah tersebut biasanya ditandai dengan munculnya tanda seru di jaringan WiFi tersebut.

Secara umum, terdapat beberapa cara mengatasi WiFi tanda seru di Android.

Cara Mengatasi WiFi Tanda Seru di Android

1. Periksa Jaringan WiFi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan cara yang lain adalah dengan memeriksa jaringan WiFi.

Apa yang dimaksud dengan memeriksa jaringan WiFi? Jadi, Anda harus memastikan bahwa jaringan WiFi di area Anda memang sedang dalam kondisi konek atau tidak terjadi masalah.

Untuk cara memeriksanya, Anda bisa melakukan berbagai cara, seperti:

  • Mencoba jaringan WiFi dengan perangkat lain
  • Menanyakan ke tetangga yang menggunakan jaringan WiFi yang sama, apakah koneksinya baik-baik saja atau tidak.

Jika pada poin pertama hasilnya bisa terhubung, maka kemungkinan ada kesalahan pada WiFi di Android Anda.

Namun jika ternyata poin pertama dilakukan dan perangkat lain juga tidak terhubung berarti ada dua kemungkinan, pertama terdapat kesalahan pada router dan yang kedua memang sedang terjadi gangguan jaringan internet di area Anda.

Untuk memastikannya silahkan lakukan poin kedua, jika jawabannya jaringan WiFi tetangga terhubung dan baik-baik saja, maka dapat dipastikan terjadi kesalahan di router yang Anda gunakan.

Namun jika jaringan di tetangga Anda juga tidak konek, itu tandanya jaringan internet di area Anda sedang bermasalah.

Jika begitu, satu-satunya solusi hanyalah menunggu hingga jaringan internet di daerah Anda normal kembali. Anda bisa melaporkan dan meminta perbaikan pada provider internet yang Anda gunakan, contoh Telkom Indihome.

2. Atur Tanggal dan Waktu Android

Jika ternyata masalah hanya terjadi pada Android Anda saja, maka mungkin pengaturan tanggal dan waktu menjadi penyebabnya.

Kenapa bisa demikian? Karena jika terdapat kesalahan tanggal dan waktu, internet tentu tidak akan bisa digunakan dengan baik. Itu sudah syarat yang mutlak.

Jadi untuk mengatasi WiFi muncul tanda seru di Android, Anda bisa memeriksa dan mengatur ulang tanggal dan waktu pada perangkat smartphone Anda.

Untuk mengaturnya, silahkan buka menu Settings > Date & Time, kemudian perhatikan apakah tanggal dan waktu di Android Anda sudah benar atau belum.

Jika belum segera ganti tanggal dan waktu tersebut, sebaiknya gunakan saja mode pengaturan tanggal dan waktu otomatis.

3. Periksa IP, Proxy, dan DNS

Poin ketiga ini berguna untuk mengatasi WiFi tanda pentung di Android dengan masalah yang terjadi di Android Anda saja.

Setelah Anda melakukan pengaturan tanggal dan waktu pada poin kedua namun belum berhasil, Anda perlu memeriksa pengaturan IP, Proxy, dan DNS.

Untuk pengaturan IP sendiri, secara default sudah ditentukan saat perangkat Anda terhubung dengan jaringan WiFi tersebut, jadi kesalahan pada IP sangatlah jarang terjadi.

Jadi selanjutnya, Anda harus memperhatikan pengaturan Proxy dan DNS.

Perhatikan apakah Anda mengatur Proxy atau DNS secara default, jika iya sebaiknya hapus pengaturan tersebut dan biarkan pengaturannya secara otomatis.

Atau jika Anda sedang menggunakan aplikasi untuk mengatur Proxy dan DNS seperti VPN, sebaiknya matikan terlebih dahulu aplikasi tersebut.

Karena besar kemungkinan VPN tersebut yang membuat WiFi muncul tanda kuning dan tidak bisa konek.

4. Restart Router

Namun jika ternyata masalah bukan terjadi di perangkat Android Anda saja namun juga pada perangkat lain yang terhubung di jaringan WiFi tersebut padahal jaringan di area Anda sedang baik-baik saja, berarti masalah terjadi pada router atau modem WiFi yang Anda gunakan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pastikan semua lampu indikator berwarna hijau
  2. Pastikan semua kabel terpasang dengan baik

Bagaimana jika ternyata lampu indikator ada yang berwarna merah atau bahkan ada yang tidak menyala?

Untuk mengatasinya sangat mudah, pertama pastikan dulu bahwa semua kabel terpasang dengan baik, atau Anda bisa mencabut semua kabel terlebih dahulu lalu memasangnya kembali.

Setelah itu coba untuk matikan dan cabut kabel power pada router terlebih dahulu, biarkan hingga beberapa saat.

Kemudian colokkan kembali kabel power tersebut dan coba untuk hidupkan router.

Jika masih belum bisa dan Anda sudah yakin bahwa masalahnya ada di router tersebut, Anda bisa menghubungi pihak provider internet yang Anda gunakan dan minta untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Karena bisa jadi ada masalah pada kabel, seperti kabel rusak dimakan tikus, atau terjadi kerusakan di perangkat router.

5. Cek Kuota (Khusus MiFi)

Jika ternyata Anda menggunakan jaringan WiFi MiFi yang masih menggunakan kartu SIM, tentu Anda harus mencoba mengecek kuota dari MiFi yang Anda gunakan.

Jangan-jangan masalah WiFi tanda seru terjadi karena kuota MiFi Anda habis, jika benar begitu segera lakukan pengisian ulang kuota MiFi.

6. Factory Reset Android

Jika sudah Anda pastikan bahwa masalah terjadi pada perangkat Android Anda dan Anda sudah mencoba berbagai hal namun tidak berhasil, maka satu-satunya cara adalah melakukan factory reset.

Factory reset Android berguna untuk mengatur file sistem menjadi pengaturan pabrik, dengan begitu jika terjadi masalah pada file sistem WiFi, melakukan factory reset tentu bisa mengatasi masalah tersebut.

Namun perlu Anda ingat bahwa dengan melakukan reset Android ke pengaturan default akan menghapus semua data dan aplikasi di Android Anda.

Sayangnya, terkadang factory reset tidak benar-benar mengembalikan HP ke setelan pabrik. Jadi, mau tidak mau Anda harus melakukan flashing. Tapi tenang, Anda bisa membacanya di website charis.id/flash/ dan Anda bisa memilih HP yang Anda gunakan.

Itulah beberapa cara mengatasi WiFi tanda seru di Android. Silahkan coba satu demi satu cara di atas, semoga berhasil!