Cara Mengatasi Nyeri Otot

Apakah Anda pernah mengalami rasa nyeri, kaku dan pembengkakan pada otot Anda? hal itu di namakan nyeri otot. Masalah otot ini dapat terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh beberapa faktor.

Nyeri otot umumnya disebabkan oleh cedera pada bagian otot tubuh Anda. Umumnya nyeri otot akan hilang dengan sendirinya seiring dengan otot yang pulih dari cedera dan rasa sakit akan berkurang secara perlahan.

Seperti yang dijelaskan di awal artikel, nyeri otot dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut ini beberapa penyebab nyeri otot :

  • Olahraga Berlebihan
  • Gangguan Sirkulasi Darah
  • Kekurangan Kalsium, Potassium dan Magnesium
  • Dehidrasi
  • Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Meski nyeri otot dapat hilang dengan sendirinya, namun terdapat cara alami untuk mempercepat pemulihan cedera otot dan menghilangkan rasa nyeri pada tubuh Anda. Simak ulasan cara mengatasi nyeri otot berikut ini :

Cara Mengatasi Nyeri Otot secara Alami

1. Air Jahe

Mengonsumsi air jahe setelah berolahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi nyeri otot. Manfaat air jahe dapat mengatasi nyeri otot setelah berolahraga karena kandungan senyawa aktif dalam herbal alami ini bekerja meredakan peradangan dan cedera otot tubuh Anda.

Mengutip Manfaat.PRO, meski efek yang dihasilkan tidak secepat bila mengonsumsi ibuprofen, namun jahe tidak menimpulkan efek samping layaknya konsumsi obat-obatan pereda nyeri lainnya. Oleh karena itu, konsumsi jahe bila Anda merasakan nyeri setelah berolahraga untuk mengembalikan kesehatan otot-otot tubuh Anda.

2. Buah Cherry

Mengonsumsi buah cherry merupakan salah satu cara mengatasi nyeri otot secara alami. Konsumsi buah cherry setelah berolahraga dapat mempercepat penyembuhan otot-otot yang rusak karena aktifitas olahraga Anda.

Mengutip hasil penelitian yang terbit pada Journal of Medicine and Science in Sports, kandungan antioksidan dalam buah cherry yang disebut Anthocyanins sangat efektif untuk meradakan peradangan pada otot setelah berolahraga. Oleh karena itu, bila memungkinkan dapatkan buah ini sebagai asupan setelah berolahraga.

3. Kompres Dingin

Kompres dingin pada bagian yang sakit juga merupakan salah satu cara meredakan nyeri otot. Joseph Bosco dari American Academy of Orthopaedic Surgeons yang fokus pada Sport Medicine mengatakan bahwa memberikan kompress air dingin pada bagian otot yang sakit dapat mencegah kerusakan pada otot dan mempercepat proses penyembuhan.

Oleh karena itu, langkah cepat yang dapat Anda tempuh untuk mengatasi nyeri otot adalah dengan memberikan kompres dingin.

4. Terapi Pijat

Bila merasakan nyeri otot, Anda dapat melakukan pemijatan sendiri pada bagian yang nyeri. Memberikan pijatan pada area yang mengalami nyeri dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan hal ini dapat mempercepat penyembuhan peradangan pada otot Anda. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian pada Journal Science Translational Medicine yang menyebutkan efek positif pijatan dalam penyembuhan nyeri otot.

5. Konsumsi Pisang

Konsumsi pisang merupakan salah satu cara mengatasi nyeri otot yang disebabkan oleh kekurangan asupan magnesium. Magnesium merupakan mineral esensial untuk menjaga fungsi otot dan saraf tubuh Anda.

Kekurangan mineral magnesium dapat menyebabkan gejala nyeri otot, oleh karena itu, penuhi kebutuhan mineral magnesium Anda dengan mengonsumsi pisang. Buah pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi baik sebelum ataupun sesudah olahraga.

6. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan cara alami untuk mengatasi nyeri otot. Air hangat dapat menenangkan dan memberikan relaksasi pada otot Anda. Selain itu, rasa hangat yang diberikan dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga mempercepat proses pemulihan pada otot Anda yang mengalami peradangan.

Mandi air hangat setelah berolahraga juga dapat mencegah peradangan dan mencegah kerusakan otot.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Nyeri Otot secara Alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh dengan bahan-bahan alami.