Ada berbagai cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dicoba. Bahkan, kamu yang tidak memiliki cash juga bisa memulai bisnis online dengan modal nol rupiah. Kalau ditekuni, ragam peluang menghasilkan uang secara online bahkan bisa menjadi sumber pendapatan utama kamu.

Di era modern seperti sekarang, kamu tidak perlu lagi kerja pergi pagi pulang malam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Dengan modal gadget, kuota internet, skill & kreativitas, dan kegigihan saja sudah bisa mendulang sukses dengan cara beraneka ragam, dari berbisnis atau berkarya.

12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Paling Mudah

  • Mengikuti Kompetisi Online

Kamu bisa menemukan ragam informasi melalui situs internet, termasuk penyelenggaraan lomba atau kompetisi daring. Sebagian besar pihak biasanya menawarkan reward dalam bentuk uang tunai dalam jumlah variatif. Jadi, tinggal cari saja kompetisi yang sesuai passion.

Misalnya, kalau kamu suka menulis fiksi, maka bisa ikut kompetisi menulis cerpen, cerbung, hingga novel. Hanya saja, agar bisa menang kamu harus mengerahkan effort penuh. Apalagi kalau hadiah yang ditawarkan hingga puluhan juta, sudah pasti saingannya semakin banyak.

  • Menjadi Social Media Influencer

Untuk sukses menjadi seorang influencer di sosial media memang bukan hal mudah. Namun, kamu bisa memanfaatkan topik yang sedang viral untuk diangkat menjadi konten edukatif. Selain harus rajin membuat post, kamu juga perlu memikirkan target pasar dan promosi.

Berkarir menjadi influencer sosial media bisa dikatakan sangat menjanjikan. Setelah berhasil mendulang banyak subscribers dan fans, maka ada banyak perusahaan yang bersedia membayar kamu untuk mempromosikan produk, berupa barang atau jasa, dan brand mereka.

  • Penerjemah Subtitle Film

Kamu seorang poliglot atau lulusan sastra bahasa asing? Profesi sebagai penerjemah subtitle film bisa jadi pilihan terbaik. Selain bekerja di bidang yang disukai dan mendapatkan bayaran lumayan, ini juga bisa menjadi latihan penguasaan bahasa lebih mendalam.

Akan tetapi, jika ingin terjun ke bidang ini, maka kamu harus betah duduk berlama-lama menonton film. Sebab, agar enak dibaca, penerjemah juga perlu memahami alur cerita film yang akan diterjemahkan. Kalau sudah mantap, langsung saja cek ke portal lowongan kerja.

  • Dropshipping

Bagi kamu yang suka berbisnis tapi tidak memiliki modal, maka dropshipping wajib masuk dalam bucket list. Kamu tinggal mencari supplier di berbagai situs e-commerce kemudian mengiklankan produk tersebut secara online, baik itu melalui marketplace atau social media.

Selain tidak membutuhkan modal, dropshipping juga sangat praktis, karena yang mengurus masalah pengemasan dan pengiriman barang adalah supplier. Jadi, kamu tinggal promosi barang dagangan, lalu menyelesaikan transaksi saja. Bagaimana, mudah sekali, bukan?

  • Spesialis SEO

Skill menganalisis Search Engine Optimization aka SEO memang sangat dibutuhkan di era serba digital ini. SEO sendiri merupakan salah satu teknik pemasaran digital dengan cara mengoptimalkan website supaya muncul di halaman paling depan mesin pencarian.

Apabila kamu memiliki passion seputar SEO analyst atau specialist, maka tidak akan sulit mencari klien yang menawarkan kerja sama sistem remote. Ada banyak sekali pihak yang membuka loker untuk spesialis SEO, mulai perusahaan, startup, instansi, lembaga, dsb.

  • Menjual Desain

Jika memiliki bakat di bidang design graphic, maka bisa menjual desain sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Ada banyak platform yang dapat dijadikan pilihan menjual hasil desain kamu, termasuk Society6 yang jadi favorit para desainer grafis.

Pasalnya, di situs tersebut kamu tidak akan dibebani dengan pembayaran di muka. Jadi, tinggal upload foto desain dan tunggu sampai ada yang membeli. Supaya cepat laku, sebaiknya buatlah konsep desain unik kekinian, dan sesuaikan dengan permintaan pasar.

  • Selebgram

Kunci utama mendapatkan penghasilan sebagai seorang selebgram adalah memiliki banyak followers. Bagaimana cara mendapatkan pengikut? Sudah pasti kamu harus usaha ekstra, mulai dari rajin promosi akun, hingga membuat post menarik untuk dibagikan di Instagram.

Namun, sebelum itu tentukan terlebih dahulu tema yang akan diangkat, apakah mengenai gaya hidup, musik, dan lain sebagainya. Jadi, jangan terlalu random. Bagaimana selebgram mendapatkan uang? Sudah pasti dari endorsement untuk produk maupun layanan tertentu.

  • Menjual Foto

Siapa sangka kalau hobi fotografi bisa menjadi peluang menghasilkan cuan? Kamu yang hobi motret berbagai hal menarik, bisa menjual hasil jepretan yang unik dan bernilai artistik ke beberapa situs fotografi serta video footage, contohnya iStockPhoto dan Shutterstock.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal membuat akun lalu jadi kontributor pada situs tersebut. Upload foto secara rutin, sebab foto yang berhasil lolos tahap seleksi akan ditampilkan. Apabila ada yang berminat untuk beli fotomu, maka kamu bisa mendapatkan uang.

  • Menjadi YouTuber

Sudah tidak terhitung lagi jumlah orang yang berhasil sukses melalui channel YouTube. Apalagi, nominal yang bisa didapatkan dari iklan maupun endorse produk tertentu biasanya sangat fantastis. Tidak mengherankan kalau orang berlomba-lomba menjadi YouTuber.

Namun, proses merintis channel YouTube dari awal bukan sesuatu yang mudah. Kamu membutuhkan konsep yang konsisten dan juga kamera memadai untuk merekam berbagai aktivitas untuk konten. Jangan lupa, ajak teman, kerabat, dan kenalan membantu subscribe.

  • Menjual Website

Programmer atau developer yang sedang mencari cara mendapatkan uang dari internet, maka bisa menggunakan free time untuk membuat website kemudian menjualnya di berbagai situs internet. Apalagi, sekarang ini website merupakan kebutuhan pokok bagi banyak pihak.

Seperti diketahui, tag price untuk setiap website bervariasi, tergantung pada tipe dan kualitasnya. Kamu bisa menawarkan beberapa paket website, mulai dari silver, platinum, serta diamond, dimana semakin kompleks dan lengkap fitur web, semakin mahal harganya.

  • Menjadi Gamers

Kalau kamu hobi main game, maka bisa mulai mengembangkan hobi tersebut sebagai jalan untuk mendapatkan uang, seperti menjadi gamers profesional. Jadi, jangan hanya main game setengah-setengah dan wasting time for nothing. Jika kamu suka, buktikanlah.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari main game? Pertama, memenangkan ragam rewards, seperti senjata untuk dijual ke gamer yang berminat. Kedua, mengikuti pertandingan game virtual yang biasa diselenggarakan. Hadiahnya sudah pasti tidak main-main.

  • Penulis Artikel

Hobi menulis bisa dijadikan sebagai jalan mendapatkan penghasilan lumayan. Kamu bisa mencari lowongan kerja jasa penulis artikel di berbagai portal, seperti Jobstreet, Indeed, LinkedIn, Glints, Loker.id, dsb. Untuk pendapatan, biasanya disesuaikan dengan jumlah kata.

Selain itu, kemampuan dan pengalaman menulis juga akan menjadi bahan pertimbangan pihak penyelenggara lowongan kerja. Apabila kamu paham SEO atau bahasa Inggris, maka akan jadi nilai plus tersendiri. Karena sudah pasti, harga artikel bahasa Inggris lebih mahal.

Beberapa cara mendapatkan uang dari internet di atas bisa dicoba oleh kamu yang kebetulan sedang mencari pekerjaan. Apalagi, beberapa diantaranya juga cocok dilakukan oleh anak sekolah, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga untuk menambah uang saku maupun pemasukan lebih.