Kategori
Pertanian

Cara Menanam Jahe Merah dalam Polybag yang Mudah untuk Pemula

Permintaan jahe merah di pasar terus meningkat. Tidak heran banyak petani yang mulai melirik budidaya tanaman ini. Menanam jahe merah tidak terlalu sulit karena bisa menggunakan media polybag atau karung bekas. Jika Anda ingin mengetahui cara menanam jahe merah dengan baik, simaklah uraian berikut.

Cara Menanam Jahe Merah dalam Polybag dan Karung

Yang perlu diperhatikan untuk menanam jahe merah bagi pemula adalah dalam hal pemilihan bibit. Sebaiknya Anda membeli bibit jahe merah yang sudah jadi, bisa didapat di toko pertanian sekitar daerah Anda. Dengan demikian hindari membuat bibit jahe merah sendiri, karena resiko dalam menanam jahe merah adalah dalam pembibitan.

  1. Menyiapkan Media Tanam untuk Jahe Merah                   

Media tanam yang bisa Anda pilih bisa berupa polybag atau karung bekas. Jika menggunakan karung, sebaiknya yang ukuran cukup besar karena akan semakin besar produktivitas jahe merah tersebut. Namun jika Anda menggunakan polybag, pilihlah polybag dengan ukuran minimal 40 x 50 cm.

Untuk mengisi polybag Anda bisa menggunakan media campuran tanah, pasir, dan pupuk organik. Perbandingan untuk bahan-bahan tersebut ialah 1:1:1 atau 1:1:2.

2. Pembibitan dan Penyemaian Jahe Merah

Anda bisa menggunakan bibit jahe merah siap tanam atau yang telah memiliki tunas berukuran sekitar 5-10 cm. Bagi pemula, cara menanam jahe merah dengan memilih bibit jadi dinilai sangat efisien. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa menyemai bibit jahe merah sendiri.

Bagaimana Menyemai Bibit Jahe Merah Sendiri ?

  1. Pertama Anda harus memilah jahe merah yang baru dipanen kemudian dijemur sebentar.
  2. Setelah dijemur, simpanlah jahe merah selama 1-2 bulan.
  3. Perlu diperhatikan untuk memilih rimpang jahe yang baik yaitu yang ukurannya besar dan tidak cacat dari indukan yang cukup tua.
  4. Patahkan rimpang jahe hingga memiliki 3 sampai 5 tunas kemudian jemur kembali.
  5. Sterilkan bibit jahe dari virus dan jamur dengan cara direndam zat pengatur tumbuh SOT HCS selama 4 jam.
  6. Bibit siap untuk disemai

Pada saat penyemaian pastikan bibit harus dalam keadaan lembab sampai bibit mulai berkecambah sekitar 2 minggu kemudian. Saat proses penyemaian sebaiknya dilakukan di tempat yang tidak langsung kena sinar matahari atau hujan.

3.  Penanaman dan Perawatan Jahe Merah

Dalam memindahkan bibit ke dalam polybag ataupun karung harus berhati-hati. Karena dapat merusak tanaman jahe merah muda tersebut. Untuk penanaman jahe merah, anda harus membuat lubang sebesar ukuran pangkal bibit.

Jika benih jahe merah sudah berusia 4 minggu dan memiliki ketinggian sekitar 10 cm, maka benih bisa diambil dan dipindahkan ke polybag atau karung bekas. Berhati-hatilah dalam pemindahan tersebut karena beresiko merusak tanaman jahe merah mini tersebut.

Buatlah lubang sebesar ukuran pangkal bibit, lalu masukkan bibit jahe merah tadi kedalamnya dan tutup dengan media isi campuran tanah, pasir, dan pupuk organik, lalu diratakan. Lakukan penyiraman. Perlu diperhatikan untuk tidak meletakkan tanaman jahe merah mini di tempat yang kena sinar matahari langsung selama 2-3 bulan.

Cari tahu fakta dan info menarik pertanian yuk kunjungi TaniMuda

4. Cara Memanen Jahe Merah

Jahe merah siap panen setelah penanaman sekitar 10 bulan. Ciri-ciri jahe merah siap panen adalah warna daunnya menguning dan batang mulai mengering. Kemudian tiriskan dan jemur jahe selama 1 minggu agar tanaman jahe merah tahan lama.

Bagaimana tertarik budidaya tanaman jahe merah ? cukup mudah dilakukan dan hemat tempat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *