Cara Membuat Kandang Kelinci

Hal yang paling penting ketika ita memelihar kelinci yaitu menjaga dan merawatnya dengan baik. Jika Anda ingin memulai beternak kelinci, maka yang harus anda pikirkan adalah lahan dan kandang sebagai tempat tinggal kelinci agar terlindung dari predator. Ketika kita ingin memelihara kelinci, maka Anda harus tahu cara membuat kandang kelinci yang benar, agar kelinci merasa nyaman tinggal di kandang tersebut.

Kelinci merupakan salah satu binatang yang sangat imut dan lucu, sangat cocok sebagai binatang peliharaan. Hewan ini juga sangat jinak dan tidak berbahaya untuk anak kecil, selain itu kelinci juga mudah cara perawatannya. Bagi Anda yang tertarik dengan hewan peliharaan, maka kelinci bisa Anda jadikan pilihan.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kandang

Bagi Anda yang ingin memelihara kelinci maka harus menyiapkan kandang. Anda dapat membeli kandang yang sudah jadi, jika ingin lebih hemat maka Anda dapat mebuatnya sendiri di rumah. Anda tidak perlu membeli kandang kelinci dengan harga mahal. Anda pun dapat membuat desain kandang kelinci sendiri yang sederhana dan di jamin kelinci akan merasa nyaman.

  • Siapkan kayu dengan kualitas baik.
  • Kemudian siapkan bambu yang akan digunakan sebagai dasar kandang kelinci.
  • Asbes digunakan sebagai atap kandang.
  • Kemudian siapkan kawat atau ram untuk kandang bagian ujung.
  • siapkan engsel yang digunakan untuk pintu kandang.
  • Terakhir siapkan paku kecil dan besar untuk membuat kandang.

Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri di Rumah

1. Anda dapat membuat kerangka kandang terlebih dahulu dengan ukuran tinggi sekitar 75 cm. Kemudian tinggi kandang mencapai 50 cm dan bagian kaki sekitar 25 cm. Sedangkan untuk panjang kandang berukuran 100 cm dan lebar dengan ukuran 50 cm. Ukuran ini merupakan ukuran yang sangat ideal untuk kelinci.

2. Setelah itu, buatkan alas kandang dari bambu, karena alas kandang yang terbuat dari bambu akan menjaga kandang selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab. Karena urine dari kelinci akan terbuang sendiri.

3. Kemudian Anda dapat membuat pintu kandang sendiri dibagian pojok kanan.

4. Anda dapat memasang ram atau kawat untuk bagian ujung kandang.

5. Anda dapat membuat atap kandang dengan menggunakan asbes atau bisa menggunakan genteng, plastik dan terpal.

6. Terakhir, kandang dapat Anda di variasi dengan lebih menarik sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat menaruh kelinci di dekat pepohonan yang rindang, agar udara disekitarnya tetap sejuk dan selalu mendapat sinar matahari. Sedangkan untuk ventilasi udara yang cukup, akan membuat kelinci merasa nyaman karena kandang terhindar dari kelembapan. Udara pun dapat keluar masuk dengan lancar.

Cara membuat kandang kelinci dalam ruangan, maka tidak perlu menggunakan atap. Karena kelinci sudah terlindungi dengan atap ruangan. Namun membuat kandang menggunakan atap, sebaiknya tinggi kandang mencapai 80 cm, agar kelinci tersebut tidak dapat lompat keluar kandang.