Windows 10 merupakan sistem operasi besutan Microsoft yang paling banyak digunakan di dunia ini. Tak seperti linux yang dapat digunakan secara gratis sistem operasi Windows mewajibkan Anda untuk membayar dengan memasukkan lisensi atau Product Key.

Maraknya tweak yang membuat Windows bajakan seolah asli maka Anda perlu melakukan cek pada Product Key Windows Anda untuk memastikan original atau bajakan Windows yang Anda gunakan. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan cara melihat Product Key Windows pada komputer atau laptop Anda.

Cara Melihat Product Key Windows 10 

Dengan NirSoft ProduKey

Cara yang pertama untuk melihat Product Key pada Windows 10 Anda adalah menggunakan bantuan aplikasi bernama NirSoft ProduKey. NirSoft ProduKey tersebut, merupakan sebuah aplikasi yang dibuat secara khusus untuk melihat berbagai macam product key yang terdapat dalam komputer, termasuk Windows 10 Anda. Berikut cara menggunakannya.

  1. Download NirSoft ProduKey terlebih dahulu.
  2. Setelah Anda mengunduh dan menginstall aplikasi NirSoft ProduKey silahkan Anda buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah Anda buka pada tampilan aplikasi ini akan muncul berbagai serial number atau product key yang ada dalam komputer Anda, silahkan cari product key Windows 10 Anda.
  4. Perlu diingat jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini Anda harus mematikan Antivirus dalam komputer Anda terlebih dahulu. 

Dengan Magical Jelly Bean KeyFinder

Selain menggunakan NirSoft ProduKey ada juga aplikasi serupa yang dapat Anda gunakan, Aplikasi tersebut bernama Magical Jelly Bean KeyFinder. Fungsi dari aplikasi ini juga sama yakni sebagai alat untuk melihat Product Key yang ada di dalam komputer. Berikut ini cara untuk menggunakan Magical Jelly Bean KeyFinder. 

  1. Download Magical Jelly Bean KeyFinder terlebih dahulu.
  2. Matikan Antivirus di Komputer Anda.
  3. Ekstrak Magical Jelly Bean KeyFinder dan jalankan aplikasi tersebut.
  4. Nantinya, halaman yang akan muncul pertama kali adalah Licence Agreement. Anda perlu mengubah menjadi “accept the agreement”, klik Next
  5. Silahkan Anda memilih lokasi dari instalasi yang dikehendaki. Anda dapat langsung mengklik next, jika tidak ingin mengubah lokasi instalasinya.
  6. Jendela yang selanjutnya, akan menyuguhkan tambahan tugas yang bisa Anda buat. Setelah menyesuaikan tugas tambahan tersebut, klik pada opsi next.
  7. Pada jendela “Ready to Install”, Anda dapat langsung mengklik opsi Install untuk memulai proses instalasi aplikasi yang satu ini.
  8. Centang pada kotak “Launch KeyFinder” dan klik pada opsi “Finish”.
  9. Aplikasi akan berjalan otomatis. Dalam kotak pada bagian kanan, akan muncul beberapa aplikasi yang terinstal pada Windows 10 Anda beserta product key-nya, termasuk juga dengan sistem operasi Windows 10 yang digunakan.

 Tanpa Software

Cara ketiga ini merupakan cara termudah yang dapat Anda gunakan Product Key setelah Anda install Windows 10 pada komputer / laptop Anda , Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi apapun. Ikuti langkah berikut ini: 

  1. Klik logo Windows yang ada di bagian pojok kiri bawah.
  2. Pilih pada menu Search yang posisinya berada di bagian desktop bar.
  3. Setelah itu, ketik “Activation” pada kolom search tersebut. Nantinya menu Activation akan tampil.
  4. Ketika menu Activation sudah tampil, Anda dapat melihat daftar kode angka dalam keterangan product key. Itulah lokasi dari angka product key yang digunakan pada Windows 10 Anda.

Dengan  CMD

car terakhir yang dapat Anda gunakan untuk melihat Product Key pada windows 10 adalah menggunakan CMD, cara ini juga tidak perlu mengunduh ataupun menginstall aplikasi, berikut langkahnya.

  1. Buka  CMD atau Command Prompt. Caranya dengan klik kanan pada Start Menu dan pilih opsi “Command Prompt” pilih Run Administrator.
  2. Ketik pada Command Prompt “wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey” kemudian Enter
  3. Setelah Anda menekan enter, nantinya CMD atau Command Prompt akan menampilkan product key yang Windows 10 Anda gunakan.

Demikian pembahasan mengenai cara melihat Product Key pada Windows 10. Dengan mengetahui Product Key pada Windows 10 Anda dapat memastikan keaslian Windows 10 yang Anda gunakan.