cara masuk fyp tiktok

Cara Masuk FYP Tiktok, Trending dan Kolaborasi Jangan Dihiraukan – Tiktok merupakan aplikasi yang banyak digemari saat ini. Baik dari generasi millennial, Z hingga Alpha. 

Kemajuan teknologi memaksa kita untuk beradaptasi dengan aktivitas yang serba digital. TikTok memiliki alur algoritmanya sendiri seperti media sosial lainnya. Untuk dapat masuk FYP dengan mudah ada beberapa strategi yang perlu kamu patuhi.

Tidak hanya sebagai sarana hiburan saja. Tiktok juga bisa digunakan sebagai wadah untuk mendulang cuan. 

Bahkan bisa dijadikan sebagai tempat menyampaikan bakat kamu seperti melukis, komedi, kerajinan tangan dan banyak lagi.

Ragam kreativitas pada konten TikTok kebanyakan berupa olahraga, hiburan, makeup challenge hingga kelihaian dalam editing video transisi yang TOP. 

Meski hanya berupa video pendek, tetapi pesan yang ada pada setiap konten bisa tersampaikan pada pengguna lain.

Nah, meski terbilang seru dan menarik. Namun untuk masuk FYP memerlukan beberapa strategi khusus. 

Untuk itu kami akan membagikan cara mudah masuk FYP TikTok supaya konten yang kamu buat bisa meningkatkan followers, likers dan kunjungan sehingga kamu juga bisa banyak berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Noted : Buat kalian yang ingin download video Tiktok tanpa ada watermark bisa langsung meluncur di Savetok.id.

Bagaimana Alur Kerja FYP?

For You Page merupakan halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok. Di mana konten-konten popular akan muncul pada halaman tersebut. Untuk masuk FYP terbilang susah-susah mudah. Jadi tidak semua konten bisa masuk FYP.

Pada dasarnya algoritma pada media sosial tidaklah bersifat konsisten. Algoritma yang ada bisa berubah-ubah. 

Sehingga kita tidak bisa menebaknya. Ada beberapa faktor kemungkinan yang mempengaruhi cara kerja masuk FYP. Beberapa faktor tersebut yaitu:

Terkait interasi pengguna

Dengan adanya interaksi pengguna seperti like, koment, share, stitch video, salin tautan konten yang kamu miliki lebih memungkinkan untuk bisa masuk FYP. 

Karena algoritma TikTok akan membaca dan menilai jika konten yang kamu miliki layak atau berpotensi trending/viral.

Isi konten/video

Isi konten video pendek TikTok yang kamu buat bisa mempengaruhi masuk FYP. Pembuatan konten video pendek tersebut meliputi caption, hastag, sound yang paling sering digunakan dan tema konten tersebut.

Pengaturan akun

Di pengaturan juga bisa menjadi salah satu faktor video yang kamu buat masuk FYP. 

Pengaturan tersebut meliputi pengaturan bahasa yang digunakan, negara dan penggunaan tipe perangkat.

Cara Mudah Masuk FYP

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Ada beberapa strategi yang dapat kamu ikuti supaya video pendek yang kamu buat masuk FYP. 

Berikut kami akan sampaikan ulasannya. Disimak, Yuk!

1.Isi Konten yang Berkualitas

Konten yang kamu buat bisa mempengaruhi minat pengunjung. Jadi buatlah konten yang bersifat unik, kreatif tinggi, original dan tidak mengandung SARA.

Konten-konten berkualitas ini akan menarik perhatian pengguna lain untuk berinteraksi dengan akun yang kamu miliki. Sehingga dengan begitu konten yang kamu buat bisa menjadi trending atau viral.

Jika pengguna lain like, comment, follow, stitch atau salin tautan akun kamu. Algoritma TikTok akan membaca dan menaikkan rating akun yang kamu miliki, sehingga bisa masuk FYP.

2.Ketepatan durasi video yang dibuat

Sebagian besar alasan orang menggunakan akun TikTok adalah menjadikan tempat hiburan dan refreshing dari kepenatan aktivitas. Sehingga kamu perlu tepat memperhitungkan durasi video pendek yang kamu buat.

Buatlah konten video pada durasi yang tidak panjang juga tidak terlalu pendek. Meski pada dasarnya video konten TikTok hanya berdurasi 1 menit. Tapi kamu bisa membuatnya kurang dari 1 menit dan menyambungnya pada video selanjutnya.

Dengan begitu dapat menarik pengguna lain untuk melihat, mengikuti dan berinteraksi dengan akun yang kamu miliki karena rasa penasaran atau merasa tertarik dengan konten yang kamu buat.

3.Caption yang OK

Caption menjadi salah satu faktor penting supaya konten video TikTok kamu menjadi viral. Jadi jangan kamu biarkan caption pada video asal-asalan atau bahkan tidak ada.

Meski simple dan pendek, caption yang baik akan menarik mata pengguna untuk stay melihat isi konten yang kamu buat. Jika konten tersebut menarik, unik dan bersifat pembaharuan maka dengan suka rela pengunjung akan follow, comment, like, stitch dan salin tautan.

4. Pemilihan audio atau sound yang paling banyak digunakan

Audio yang asik mempengaruhi orang untuk mendengarkan, menyimak dan melihat isi konten yang kamu buat. Jadi pemilihan audio yang populer sangat disarankan dalam pembuatan konten video.

Algoritma TikTok akan membaca konten kamu dan memasukkan ke dalam FYP pengguna lain. Dengan begitu konten yang kamu buat bisa menjadi viral atau trending.

5.Mengikuti hastag yang sedang trending

Masukkan hastag yang sedang populer ke dalam video pendek kamu. Jika kamu belum tahu bagaimana cara mengecek hastag yang sedang populer. Kamu bisa masuk ke akun TikTok dan memilih tab simbol “Discover” yang ada di samping ikon “Home”.

Setelah itu kamu bisa memilih hastag yang sedang populer dengan menyesuaikan konten yang kamu buat. Tambahkan juga hastag general seperti fyp, foryoupage supaya peluang konten video kamu masuk FYP lebih besar.

6. Jam tayang FYP TikTok

Supaya video pendek yang kamu buat bisa masuk FYP, maka kamu perlu perhatikan jam tayang pada TikTok. 

Jam tayang ini adalah waktu pengguna TikTok ramai membuka aplikasi tersebut. Dengan begitu potensi konten kamu masuk FYP menjadi lebih besar.

Secara umum jam tayang ini berada pada pukul 12.00-13.00 siang waktu setempat dan pukul 16.00 waktu setempat. 

Karena biasanya di waktu tersebut para pengguna mulai beristirahat dari kegiatan harian dan mengambil jeda untuk berselancar di media TikTok.

7. Kolaborasi dengan pengguna lainnya

Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan pengguna lain seperti mengadakan challenge yang sedang trending di TikTok. Meski challenge yang dibuat sama dengan pengguna lain, tapi kamu bisa mengubahnya menjadi lebih unik, berbeda dan original. Sehingga konten video kamu terlihat lebih menarik .

8. Berinteraksi dengan pengguna TikTok lainnya

Untuk pemula, berinteraksi dengan pengguna lain dapat meningkatkan konten masuk FYP. Oleh sebab itu jangan ragu untuk Follow, salin tautan, komen di akun pengguna lain untuk berinteraksi.

Jika konten yang kamu buat sudah masuk FYP jangan lupa untuk membalas komentar yang ada. 

Dengan begitu algoritma TikTok akan menilai kamu banyak berinteraksi dengan pengguna lain dan disukai mereka.

Nah, itu dia cara mudah masuk FYP Tiktok yang bisa mulai kamu ikuti setiap langkahnya. Konten yang ringan, unik, original dan relevan akan menarik pengguna untuk melihatnya. Meski cukup tricky, namun cara di atas bisa membuat konten kamu menjadi trending dan masuk FYP. Selamat mencoba!