Cara Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun dalam tubuh yang didapat dari polusi lingkungan atau karena seringnya mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan.

Sebenarnya tubuh manusia memiliki mekanisme pengeluaran racun melalui kerja liver, keringan, dan ketika buang air kecil serta buang air besar. Liver bekerja menetralisir racun yang ada dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui keringat ataupun ketika buang air. Meski demikian, penting untuk melakukan detoksifikasi secara eksternal untuk membantu organ-organ Anda beristrirahat dan meningkatkan fungsi liver. Selain itu, hal ini ini bermanfaat untuk mendapatkan mikro nutrisi yang baik untuk tubuh Anda.

Banyak yang masih beranggapan bahwa detoksifikasi hanya berperan dalam menurunkan risiko penyakit kanker. Namun, nyata banyak sekali manfaat detoksifikasi untuk kesehatan. Berikut ini ulasan mengenai pentingnya detoks untuk tubuh Anda:

Manfaat Detoksifikasi untuk Kesehatan

  • Mengeluarkan Racu, Hal ini merupakan tujuan utama dari detoksifikasi. Tubuh Anda umumnya terpapar racun dari kegiatan sehari-hari dan diluar dari kendali seperti polusi lingkungan, atau dari makanan yang Anda beli dari warung ketika jam makan siang. Racun yang Anda dapatkan ini jika tidak dikeluarkan dapat menyebabkan beragam masalah seperti kanker, penyakit jantung, hipertensi dan stroke. Melakukan detoksifikasi dengan mengonsumsi buah dan sayuran dapat mengeliminasi racun dari tubuh Anda dan menghindarkan Anda dari risiko penyakit kronis di kemudian hari.
  • Meningkatkan Energi, Mereka yang melakukan detoksifikasi sederhana seperti konsumsi buah jeruk atau infused water air lemon mengatakan bahwa mereka merasa lebih bersemangat setelah mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan proses detoksifikasi dapat menghidrasi tubuh Anda dengan air bersih, dalam sebuah studi mengungkapkan kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan timbulnya gejala sakit kepala, gangguan kecemasan dan gangguan mood yang dapat mengurangi kemampuan kognitif Anda.
  • Meningkatkan Kesuburan, konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Vitamin bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat melindungi Anda dari radikal bebas. Namun, tahukah Anda konsumsi makanan tinggi vitamin C juga merupakan salah satu cara cepat hamil. Vitamin C dapat melindungi sel sperma dari kerusakan karena tingginya kadar toxin dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang dalam program hamil. Pastikan Anda melakukan detoksifikasi.
  • Mengontrol Nafsu Makan, Nafsu makan bukan sesuatu yang dapat dikontrol oleh faktor keinginan dari seseorang. Faktanya, nafsu makan berlebih dikarenakan oleh ketidakseimbangan hormon yang ada dalam tubuh, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat disebabkan oleh radikal bebas dan tinggi kandungan bahan kimia yang didapat dari makanan cepat saji.Detoksifikasi merupakan salah satu cara mengembalikan keseimbangan hormon tubuh Anda. Selain itu, detoksifikasi dapat membantu program diet Anda karena proses detoksifikasi umumya juga menurunkan kadar kolesterol tubuh Anda.
  • Mencegah Stress, Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan oleh tubuh ketika Anda mengalami stress, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama hal ini dapat menyebabkan maslaah kesehatan seperti ganggung fungsi liver.Untuk menghindari hal ini, diperlukan fokus konsumsi makanan yang dapat mengontrol kadar gula darah. detoks dengan makanan sehat dapat mengontrol kadar kortisol dan juga menghindarkan Anda dari stress.

Cara Detoksifikasi Tubuh secara Alami

Setelah mengetahui manfaat detoksifikasi untuk kesehatan, berikut ini penjelasan mengenai cara detoksifikasi tubuh Anda secara alami. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu penyebab utama mengapa racun terakumulasi dalam tubuh Anda adalah karena seringnya konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan dan makanan kemasan yang banyak mengandung lemak jenuh, garam dan juga gula yang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Selain itu, penggunaan pestisida pada produk buah dan sayuran bila tidak dicuci dengan benar juga merupakan racun pada tubuh Anda.

Oleh karena itu, untuk mengeluarkan racun dalam tubuh penting untuk mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu, penting juga diikuti dengan menghindari makanan cepat saji dan makanan olahan yang tidak sehat.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan nutrisi dan antioksidan merupakan salah satu cara untuk memberikan diri perlindungan dari radikal bebas dan racun yang didapat dari polusi dan makanan.

2. Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih minimal dua liter setiap hari merupakan salah satu cara detoksifikasi yang paling mudah untuk dilakukan. Selain memenuhi kebutuhan cairan oleh tubuh, minum air merupakan bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda.

Tidak hanya itu, minum air dua liter setiap hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan, mengatasi masalah kulit dan meningkatkan energi Anda hingga level maksimum.  Sebagai langkah alternatif, Anda dapat menambahkan irisan buah jeruk, daun mint atau buah strawberry untuk memberikan efek yang lebih baik sebagai upaya detoksifikasi.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Saat berolahraga, tubuh Anda akan mengeluarkan keringat yang diikuti dengan keluarnya racun melalui pori-pori kulit.

Rutin berolahraga tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi bugar, namun juga dapat dapat mengeluarkan kandungan logam seperti arsenik dan merkuri melalui keringat yang keluar. Lakukan olahraga ringan namun rutin seperti bersepeda, jogging, squat jump, pushup dan plank untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

4. Berpuasa

Berpuasa dua kali dalam seminggu merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda. Berpuasa akan mengistirahatkan sistem pencernaan Anda dan mengeluarkan racun-racun yang mengendap dalam sistem pencernaan Anda. Imbangi puasa Anda dengan berbuka dengan makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah-buahan agar mendapatkan efek detoksifikasi yang lebih maksimal.

5. Jus Hijau

Jus hijau yang terbuat dari campuran buah dan sayuran merupakan salah satu cara mengeluarkan racun dengan menyenangkan. Anda dapat menggunakan campuran buah dan sayuran hijau seperti mentimun, selada, wortel, apel, pisang dan strawberry untuk memberikan Anda asupan antioksidan yang baik untuk tubuh Anda.

Konsumsi jus hijau dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Rutinitas ini tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, namun juga merupakan salah satu upaya detoksifikasi racun dari tubuh Anda.