Kategori
Wisata

Candi Ijo Yogyakarta

Candi Ijo merupakan salah satu wisata candi di Yogyakarta yang paling tinggi. Tempat wisata ini menyuguhkan pesona pemandangan alam yang cukup eksotik serta budaya alam. Hal itu akan  mengingatkan kita pada jaman kerajaan dulu. Selain itu, Anda bisa menyaksikan pesawat yang sedang landing atau take off di Bandara Adisucipto dengan cukup jelas.

Karena adanya candi inilah yang membuat landasan di Bandara Adisucipto tidak bisa di perpanjang hingga ke arah timur. Menyusuri sepanjang jalan di bagian selatan kompleks Ratu Boko merupakan suatu perjalanan yang menarik untuk menikmati wisata budaya di daerah Yogyakarta. Salah satunya yaitu Candi Ijo yang memang keberadaannya paling tinggi dibandingkan candi-candi lainnya.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo Yogyakarta

Untuk menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan membuat kantong terkuras. Harga tiket masuk yang ditawarkan sangat murah hanya Rp. 5.000,- per orang. Sangat terjangkau bukan? Itu harga yang ditawarkan untuk wisatawan lokal, sedangkan harga tiket untuk wisatawan asing Rp.10.000,- per orang.

Selain itu, Anda akan dikenakan biaya parkir untuk sepeda motor tarifnya Rp. 2.000,- dan kendaraan roda empat Rp. 5.000,-. Dengan harga tiket yang sangat murah, Anda sudah bisa mengeksplorasi ke seluruh  area candi.  Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB – 17.30 WIB.

Rute Menuju Candi Ijo

Berbicara mengenai akses menuju tempat wisata ini cukup mudah. Jika Anda sudah berada di Kota Yogyakarta, maka langsung saja menuju Jalan Jogja- Solo atau rute menuju ke Candi Prambanan. Sebelum Anda tiba di Candi Prambanan akan melihat pertigaan. Kemudian dari pertigaan ambil arah kanan dan jalan terus. Sebelum sampai SMPN 1 Prambanan Anda akan menemukan Candi Ratu Boko

Disitu Anda akan bertemu perempatan, kemudian belok ke kiri atau ambil arah ke timur dan ikuti petunjuk arah untuk menuju ke tempat wisata Candi Ijo. Dimana tempat wisata ini lokasinya dekat dengan Tebing Breksi.

Meskipun lokasinya mudah ditemukan, namun Anda harus tetap hati-hati karena jalan menuju ke Candi Ijo cukup curam dan bergelombang.

Fasilitas Candi Ijo

Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang memadai, terutama pos penjagaan yang bisa memberikan informasi lengkap mengenai Candi Ijo. Mulai dari sejarah berdirinya candi sampai dengan fasilitas yang ditawarkan. Bahkan pos penjagaan ini juga akan memberikan informasi tentang pemugaran serta penemuan-penemuan yang ada di area candi.

Fasilitas lainnya seperti mushola, toilet umum, pos satpam sampai dengan warung-warung yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman.

 Spot Menarik Candi Ijo

Dengan Anda berkunjung ke Candi Ijo maka dapat menyaksikan beberapa spot menarik yang ditawarkan, diantaranya adalah:

  • Melihat aktivitas pesawat di Bandara Adisucipto

Anda akan menjumpai pemandangan yang sangat indah dari ketinggian dan tidak bisa didapatkan di candi-candi lainnya. Bila Anda menghadap ke barat dan melihat kebawah, Anda bisa menyaksikan secara jelas aktivitas pesawat yang sedang landing maupun take off di Bandara Adisucipto.

  • Menyaksikan sunset

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, Anda bisa menyaksikan sunset yang sangat sempurna. Di tempat ini Anda bisa mendapatkan spot terbaik untuk mengabadikan momen indah dengan background sunset.

  • Tempat refleksi

Jika dilihat secara detail, candi ini menyuguhkan segala sesuatu yang memiliki makna penting dan mengajak para penikmatnya agar berefleksi melihat desain bangunan. Jadi para pengunjung tidak hanya bersenang-senang saja, namun dapat mempelajari dengan lebih jauh mengenai seni rupa yang banyak memberikan pesan moral.

Itu dia ulasan lengkap mengenai tempat wisata Candi ijo yang dapat Anda ketahui. Dengan mengetahui review di atas, maka jangan lewatkan untuk mampir ke tempat wisata ini jika Anda berkunjung ke Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *