Cabang Ilmu Biologi yang Harus Anda Tahu

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih spesifik, sebelumnya dijelaskan cabang biologi agar lebih mudah memahami materi yang lebih khusus. Pengenalan cabang ilmu biologi ini biasanya dilakukan ketika kelas 10SMA/Sederajat. Terdapat beberapa istilah dalam cabang ilmu biologi yang mana pelajar harus terlebih dahulu mengetahui pengertian dan artinya.

Cabang ilmu biologi dimaksudkan untuk membuat pengkhususan kajian yang lebih mendalam agar dikarenakan kajiannya yang sangat luas. Cabang ilmu dimaksudkan agar pelajar maupun peneliti dapat memilah objek studiagar dapat memberikan manfaat lebih bagi yang mempelajari maupun yang membaca hasil penelitian. Berikut pemaparan objek ilmi biologi lengkap beserta contohnya.

Cabang Ilmu Biologi, Dan Objek Pembahasannya

  1. Zoologi, merupakan cabang biologi yang fokus pada pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan dunia hewan termasuk di dalamnya mamalia, primata, serangga, burung, amfibi, opovivipar, opivar, vivipar, dan semua jenis hewan veterbrata dan aveterbrata.
  2. Botani, merupakan cabang ilmu biologi yang khusus mengkaji tentang kehidupan, dunia dan ciri tumbuhan atau tanaman. Ruang lingkup Botani meliputi jamur, alga, tanaman budidaya, tanaman agricultural, klasifikasi pohon (akar tunggal, akar majemuk) dan sebagainya.
  3. Mikrobiologi, merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari ciri, sifat, karakteristik, serta fisiologi dari mikroba. Cabang ilmu mikroba mengkaji tentang bakteri, mikroorganisme termasuk di dalamnya amoeba, virus, dan mikrobakteri lainnya. mengkaji mikrobakteri memerlukan uji laboratorium dan menggunakan alat-alat khusus seperti kaca pembesar karena ukuran mikroba yang tidak kasat mata dan sulit di amati menggunakan mata telanjang.
  4. Histologi, merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji tentang penyusunan sistem organisme makhluk hidup. Pada cabang ilmu ini terdapat kajian tentang pengelompokan makhluk hidup, pewarisan sifat, penerapan proses biologi secara terpadu, hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan makhluk hidup serta lingkungannya, alat fungsi tubuh organisme, struktur bagian dalam tubuh pada makhluk hidup, perkembanganmakhluk hidup dari embrio/zigot hingga menjadi dewasa, dan lainnya.
  5. Sitologi, merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang seluk beluk sel. Dalam cabang ilmu ini terdapat kajian tentang enzim, organ tubuh makhluk hidup, hormon, perkembangan embrio dan sel penyusunnya, jaringan tubuh makhluk hidup, molusca, sistem kekebalan atau imunitas, penyakit serta penularannya dan oengarusnya bagi tubuh manusia.

Menurut Robert H. Whittaker meliputi 5 pengelompokan makhluk hidup atau ruang lingkup  yang didasarkan pada cara mendapatkan makanan, susunan sel, dan tingkatannya dalam makhluk hidup lengkap yakni:

  1. Kingdom Monera, merupakan makhluk hidup yang terdapat sel prokariotik di dalam susunan tubuhnya. Contoh makhluk hidup Kingdom Monera anatar lain : bakteri dan ganggang hijau biru.
  2. Protista, Protista merupakan istilah yang digunakan untuk pembagian makhluk hidup yang terdapat sel eukariotik di dalam tubuhnya. Protista nantinya dibagi lagi menjadi lebih spesifik yaitu Protista menyerupai hewan, Portista menyerupai jamur, dan Protista menyerupai tumbuhan.
  3. Fungi, Kingdom fungi merupakan klasifikasi makhluk hidup yaitu kelompok makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri kemudian organisme ini akan bertahan hidup dengan cara parasit, artinyamakhluk hidup tersebut menumpang di organisme lainnya dan menyerap nutrisi dari organisme yang ditumpanginya. Hubungan antara fungsi dengan makhluk hidup yang ditumpanginya disebut simbiosis parasitisme.
  4. Plantae, Kingdom Plantae merupakan organisme yang tersusun dari banyak sel yang telah membentuk sebuah jaringan dan memproduksi makanannya sendiri serta bersifat autotrof.
  5. Animalia, atau hewan-hewanan merupakan kingdom makhluk hidup yang bersifat heterotroph danbergantung hidup pada makhluk hidup lainnya, baik sesama Animalia maupun Plantae.
  6. Ilmu Evolusi, merupakan ilmu yang membahas tentang bagaimana makhluk hidup ber-evolusi atau mengalami perubahan secara tertsruktur sesuai dengan tuntutan alam sepanjang hidupnya.
  7. Genetika, merupakan ilmu yang membahas tentang proses makhluk hidup membentuk atau perbaikan keturunan baru dan lebih baik dari induk dengan ciri yang sedikit berbeda dengan induknya.
  8. Etologi, merupakan ilmu yang membahas tentang perilaku dan tingkah laku makhluk hidupdi lingkungan.
  9. Organisme dengan lingkungan, merupakan ilmu yang membahas tentang hubungan antara makhluk hidup, peranannya dengan lingkungan yang ditinggalinya. Ilmu ini akan mengarahkan pada pembahasan ekosistem.
  10. Struktur dan fungsi merupakan pembahasan tentang sistem pengaturan dan regulasi tubuh suatu makhluk hidup.

Mau tau informasi lainnya? Langsung saja kunjungi https://www.mesinmilenial.com!