Bahaya Minuman Bersoda

Banyak jurnal kesehatan yang menyebutkan bahwa konsumsi minuman bersoda dapat membahayakan bagi kesehatan Anda. Peneliti beralasan, tidak hanya tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, minuman ini tinggi kandungan gula yang dapat menyebabkan diabetes dan mempengaruhi kesehatan liver dan jantung.

Kandungan Asam Phosphoric dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan gagal ginjal dan Kandungan Zat Pewarna dalam minuman ini dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

Dalam artikel kali ini, saya akan mengulas mengenai bahaya minuman bersoda pada kesehatan tubuh Anda. Simak ulasannya berikut ini :

Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Risiko Diabetes

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda dapat menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan nafsu makan Anda meningkat dan menyebabkan Anda mudah mengantuk sehingga aktivitas tubuh Anda menurun, kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan berat badan Anda naik.

Mengonsumsi satu kaleng–atau botol– minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan berat badan Anda dan meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme tubuh Anda.

2. Meningkatkan Risiko Kanker

Terdapat banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa bahan pewarna dalam minuman bersoda dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Kandungan gula yang tinggi dalam minuamn ini dapat menyebabkan peningkatkan jumlah insulin pada Pankreas yang dapat meningkatkan risiko kanker pankreas.

Selain itu, kandungan kimia, gula yang tinggi dan penggunaan botol plastik sebagai kemasan dapat menyebabkan beragam jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus.

3. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Obesitas, Gangguan Metabolisme dan Diabetes Tipe 2 merupakan penyakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman tinggi gula serta merupakan faktor utama penyebab penyakit kardiovaskular.

Mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar lemak dalam darah dan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jantung Anda, dalam studi yang dilakukan selama 20 tahun mengungkapkan, bahwa pria yang rutin mengonsumsi minuman bersoda berisiko terkena penyakit jantung 20 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

4. Menyebabkan Penuaan Dini

Kandungan Fosfat dalam minuman ini dan juga dalam makanan olahan dapat menyebabkan penuaan dini pada tubuh Anda. Tidak hanya menimbulkan efek penuaan pada kulit Anda, namun juga komplikasi kesehatan yang umumnya terkait usia seperti gagal ginjal dan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

5. Menyebabkan Kemandulan

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman ini dapat menyebabkan peradangan pada tubuh Anda yang berujung pada masalah kesuburan pada pria dan wanita. Selain itu, penggunaan botol plastik dapat menyebabkan paparan bahan kimia Bisphenol A yang dapat menyebabkan kanker dan kemandulan pada pria dan wanita. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minuman bersoda saat Anda dalam program hamil.

6. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Kandungan gula dan soda dalam minuman ini dapat meningkatkan jumlah bakteri di mulut Anda. Selain itu, asam yang dimilikinya juga dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Dalam sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa dampak minuman bersoda pada gigi sebanding dengan mengonsumsi narkotika jenis sabu-sabu dan kokain. Hal ini disebabkan karena kandungan gula, asam sitrat dan asam fosforik yang bersifat asam dapat menyebabkan kerusakan pada enamel dan dentin pada gigi Anda.

7. Menyebabkan Osteoporosis

Asam Fosforik dalam soda merupakan food additives yang memberikan rasa dan aroma yang tajam pada minuman ini. Namun, dibalik itu, jika terlalu banyak mengonsumsi maka dapat mempengaruhi kandungan kalsium pada tulang Anda, selain kandungan kafein yang umumnya ada pada minuman ini juga menghalangi penyerapan kalsium oleh tulang.

Pada sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi minuman kola setiap hari dapat menyebabkan Osteoporosis dan masalah kesehatan tulang pada wanita, hal ini dikarenakan ketidakseimbangan rasio antara Kalsium dan Fosfat.

8. Menyebabkan Penyakit Ginjal

Dalam sebuah studi yang melibatkan 456 orang yang memiliki masalah ginjal dan 467 orang yang sehat secara fisik menunjukan bahwa mengonsumsi dua gelas minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal hingga dua kali lipat. Hal ini dikarenakan kandungan Asam Fosforik dalam minuman kola menyebabkan gangguan saluran kemih, menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal kronis

9. Menyebabkan Asma

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Australia mengungkapkan bahwa mengonsumsi 500 ml minuman bersoda dapat meningkatkan risiko penyakit Asma. Peneliti menduga beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini, diantara adalah tinggi kandungan gula dalam soda dapat menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan peradangan pada tubuh.

Minuman ringan memiliki kandungan nitrat, sulfat, dan sodium benzoat yang justru memperparah gejala penyakit asam.

10. Menyebabkan Gangguan Tidur

Minuman bersoda juga memiliki kandungan kafein yang dapat menstimulasi hormon Adrenaline Anda layaknya mengonsumsi kopi. Hal ini dapat menganggu siklus tidur Anda karena kafein menyebabkan Anda lebih segar pada malam hari. Jadi bila Anda merupakan seorang pekerja, ada baiknya hindari konsumsi minuman kola pada malam hari.

Demikian pembahasan mengenai Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda bagi Kesehatan tubuh Anda, semoga menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan pribadi dan keluarga Anda.