Aplikasi Android Berbahaya

Meski beragam aplikasi Android bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Google Play Store, tapi tidak semua aplikasi tersebut aman untuk diinstal.

Menurut salah satu perusahaan keamanan terbesar yaitu Avast, menyatakan bahwa ada cukup banyak aplikasi berbahaya di Android yang disusupi dengan adware dan berbagai macam virus lainnya.

Adware merupakan sebuah virus dengan cara kerja memunculkan iklan secara terus menerus pada HP yang terkena virus ini.

Avast sendiri telah menemukan sebanyak 21 aplikasi android berbahaya yang terinfeksi oleh adware. Bahkan sebagian dari aplikasi tersebut ternyata cukup populer dan digunakan banyak orang.

Bahkan Avast tidak sembarangan menyatakan bahwa 21 aplikasi tersebut cukup berbahaya, mereka tentu sudah melakukan penelitian terhadap semua aplikasi tersebut.

Penelitian tersebut juga dilakukan sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 6 bulan dan berhasil mendapatkan 21 aplikasi yang sangat berbahaya.

Menurut Avast, hampir semua aplikasi tersebut mengandung adware yang bahkan bisa memunculkan iklan disaat penggunanya sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Tidak hanya sekedar iklan biasa saja, iklan tersebut bisa berakibat pada kinerja smartphone yang tiba-tiba berjalan menjadi sangat lambat.

Oleh karena itu banyak sekali pengguna Android yang bertanya-tanya kenapa di HP mereka muncul banyak iklan dan HP menjadi sangat lemot.

Untuk itu, Avast menyarankan kepada semua pengguna Android untuk selalu berhati-hati saat akan menginstal aplikasi di perangkat mereka.

Buat kamu yang penasaran dengan 21 aplikasi berbahaya tersebut, berikut daftar yang telah kami siapkan:

  1. Iron It
  2. Flying Skateboard
  3. Rugby Pass
  4. Helicopter Shoot
  5. Assassin Legend – 2020 New
  6. Helicopter Attack – New
  7. Rolling Scroll
  8. Crush Car
  9. Shoot Them
  10. Props Rescue
  11. Cream Trip – New
  12. Money Destroyer
  13. Desert Againts
  14. Sway Man
  15. Find 5 Differences – Puzzle Game
  16. Jump Jump
  17. Rotate Shape
  18. Find 5 Differences – 2020 New
  19. Find Hidden
  20. Plant Monster
  21. Shooting Run

Seperti yang sudah kamu lihat di atas bahwa kebanyakan aplikasi berbahaya tersebut merupakan sebuah game.

Bahkan banyak diantaranya yang iklannya muncul di berbagai platform, seperti TikTok, YouTube, dan lain sebagainya.

Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi tersebut sudah banyak diinstall dan virus adware sudah merajalela di berbagai perangkat.

Apabila kamu pernah memasang salah satu atau beberapa aplikasi di atas, berarti HP kamu sudah terkena virus adware yang mengakibatkan banyak iklan yang muncul.

Jadi sebaiknya hilangkan virus tersebut dengan cara menghilangkan iklan di HP ini. Lakukan segera sebelum virusnya semakin menyebar!

Sekian artikel mengenai aplikasi berbahaya di Android, semoga kedepannya kamu semakin berhati-hati lagi sebelum menginstal aplikasi.