Di tengah hiruk pikuknya dunia saat ini, kata self love santer terdengar. Isu kesehatan mental yang kian populer sekarang ini membuat banyak orang lebih mengenal kata self love dan tidak sedikit juga yang  menerapkannya.

Lalu, apa itu self love dan bagaimana cara menerapkannya untuk kesehatan mental kita?

Arti Kata Self Love

Self love berasal dari bahasa Inggris yang artinya mencintai diri sendiri. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti bahwa kamu bisa memenuhi semua keinginan. Pengertian self love dalam hal ini ialah memperlakukan diri sendiri dengan baik dan menerima apa adanya.

Dalam kesehatan mental, self love sendiri merupakan aspek yang sangat penting. Jika melihat realita yang ada di masyarakat, bisa dilihat bahwa tingkat stress di zaman teknologi ini kian meningkat. Hal ini karena kurangnya perhatian setiap orang untuk lebih mencintai dirinya sendiri.

Padahal, self love memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat kamu bisa mencintai diri sendiri, maka kamu akan menjadi lebih positif, tidak mudah sedih, marah ataupun kecewa yang bukan merupakan bentuk dari penerimaan diri.

5 Langkah Mencintai Diri Sendiri

Dalih moral dan etika yang lebih mementingkan dirinya sendiri ketimbang orang lain merupakan salah satu bentuk menyakiti diri sendiri. Alhasil, tidak sedikit dari mereka yang merasa tersakiti demi kebahagiaan orang lain.

Memang, membahagiakan orang lain merupakan niat yang mulia. Namun, jika sampai harus mengorbankan diri sendiri hal tersebut malah membuat kesehatan mental Kamu menjadi semakin buruk dan tidak bisa menghargai diri sendiri.

Lalu, bagaimana cara menerima diri dan lebih mencintai diri sendiri? Berikut akan dijelaskan 5 langkah mencintai diri sendiri seperti yang dilansir pada Dakwahdaily.com.

1. Lakukanlah Rutinitas secara Perlahan

Banyak orang yang meremehkan beberapa hal penting dalam hidupnya karena hari-hari yang dilaluinya berjalan begitu cepat. Mulai sekarang, cobalah untuk melakukannya secara perlahan. Mulai dari suapan makanan yang dimakan. Rasakan lezatnya makanan tersebut tanpa harus terdistraksi dengan apapun.

Lakukan beberapa hal yang mungkin kamu anggap sepele secara perlahan. Salah satunya adalah bernafas. Sebagain orang mungkin meremehkan hal ini. Namun, jika kamu mencoba untuk duduk sejenak, tarik nafas dalam kemudian hembuskan. Rasakan sampai Kamu merasa rilex.

2. Lakukan Me Time

Jika terlalu lelah dengan diri sendiri, cobalah untuk menghabiskan waktu dengan diri sendiri atau me time. Carilah tempat yang menurut kamu nyaman seperti kedai kopi atau pergi ke alam misalnya. Nikmati suasana yang ada di sekitar dan rasakan energi positif yang masuk ke dalam tubuh.

3. Mintalah Bantuan Kepada Orang Lain

Mencintai diri sendiri bukan berarti kamu bisa melakukan semuanya sendiri. Mintalah bantuan kepada orang lain jika suatu keadaan tidak bisa dilakukan sendiri.

Dengan begitu, kamu akan sadar bahwa ada banyak yang peduli dan mencintai dirimu sendiri.

4. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi kegelisahan yang ada di dalam diri. Dalam Islam, meditasi bisa dilakukan dengan melaksanakan sholat.

Kerjakan sholat dengan khusyuk dengan mengharap ridho Allah SWT. Kamu bisa melaksanakan sholat tahajud saat malam hari untuk membuat hati menjadi lebih tenang.

5. Bersyukur

Tidak sedikit orang yang kurang menerapkan langkah ini dalam dirinya sendiri. Bersyukur tidak hanya dilakukan saat kamu memiliki segalanya. Namun, bersyukur juga bisa dilakukan saat sedang ditimpa musibah.

Bersyukur karena hari ini masih diberi nafas, bersyukur diberikan dua kaki untuk berjalan, sepasang mata untuk melihat dan lainnya.

Itulah lima langkah yang bisa diterapkan untuk mencintai diri sendiri. Self love memang sangat penting diterapkan dalam kehidupan. Dengan lebih menerima diri sendiri, akan membantu kamu memiliki energi positif dan lebih menghargai diri sendiri.