Shalat Subuh Berapa Rakaat?

Memang sudah sepatutnya jika kita menjadikan shalat sebagai suatu kebutuhan yang bisa menyehatkan jasmani dan sekaligus bisa menenangkan rohani. Shalat ini adalah salah satu sarana untuk membangun kedekatan dengan Allah, sang pencipta alam semesta.

Shalat Subuh
via tuntunanshalat.com

Dalam agama Islam sendiri, shalat ini mempunyai kedudukan yang agung karena dinobatkan sebagai tiang agama, yang apabila tidak dikerjakan maka rubuhlah agama tersebut. Selain itu, shalat juga menjadi salah satu amalan yang akan dihisab pertama kali kelak di hari kiamat dan juga menjadi penentu baik atau tidaknya amalan yang lainnya.

Shalat Subuh Ada Berapa Rakaat? Bagaimana Hukum dan Waktu Pelaksanaannya?

Dalam sehari semalam, setiap muslim yang tidak berhalangan wajib mengerjakan sholat 5 waktu yang terdiri atas shalat dzuhur, shalat ashar, shalat maghrib, shalat isya dan shalat subuh. Masing-masing dari kelima waktu sholat tersebut lafadz niatnya berbeda-beda, karena menyesuaikan dengan namanya serta jumlah rokaatnya.

Berbicara mengenai jumlah rokaat ini, shalat dzuhur, shalat ashar dan shalat isya berjumlah 4 rokaat, shalat maghrib berjumlah 3 rokaat dan shalat subuh berjumlah 2 rokaat. Jadi, jika kita ditanya sholat subuh ada berapa rakaat?  Maka sudah pasti jawabannya adalah 2. Dan karena jumlah rokaatnya hanya 2, maka sholat subuh ini juga hanya memiliki satu salam saja.

Sebelum salam, tepatnya setelah I’tidal dan sebelum sujud pada rakaat kedua, umat Islam yang mengerjakan shalat subuh dianjurkan untuk membaca doa qunut.

Hukum melaksanakan shalat subuh sama dengan shalat yang lainnya, yakni fardlu ‘ain. Arti kalimah fardlu ‘ain ini juga adalah wajib, ini juga sekaligus menunjukkan bahwa shalat subuh wajib didirikan oleh setiap orang yang mengaku beragama Islam, cukup umur, tidak gila atau berakal serta sehat baik secara jasmani maupun secara rohani.

Sementara mengenai waktu pelaksanaannya sendiri, shalat subuh ini bisa dikerjakan setelah muncul cahaya putih dari ufuk timur. Adapun waktu berakhirnya adalah tatkala matahari sudah muncul atau terbit. Sekarang ini, kita sudah tidak perlu susah-susah lagi melihat langit kalau hanya untuk melaksanakan shalat subuh, karena kita hanya perlu menunggu adzan berkumandang saja.

Shalat subuh ini bisa Anda kerjakan sendiri ataupun berjamaah. Yang manakah yang lebih baik? Itentu saja jawabannya adalah berjamaah.

Keutamaan Shalat Subuh

Meski hanya terdiri dari 2 rakaat dengan 1 salam saja, nyatanya shalat subuh ini memiliki banyak keutamaan. Beberapa keutamaan dari shalat subuh ini adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan pembeda antara orang beriman dengan orang munafik, karena sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, bahwasanya orang munafik tidak akan mampu mengerjakan shalat subuh dan juga shalat isya

  2. Keutamaan shalat subuh yang kedua adalah bisa melapangkan rezeki, karena di waktu inilah Allah tengah membagikan rezeki kepada umatnya. Makanya tidak heran juga orang tua jaman dahulu sering memaksa anaknya untuk bangun pagi dengan alasan takut rezekinya dipatok ayam apabila bangunnya terlalu siang

  3. Orang Islam yang mengerjakan shalat subuh juga berada dalam jaminan atau perlindungan Allah. Hal ini sudah diperkuat oleh hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim

  4. Orang-orang yang mengerjakan shalat subuh terutama jika mengerjakannya secara berjamaah itu setara dengan shalat malam selama semalam suntuk. Hal ini juga sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim

  5. Orang yang istiqomah mengerjakan shalat subuh berjamaah akan dihindarkan dari api neraka