pulau tidung

Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di gugusan Taman Nasional Kepulauan Seribu, yang merupakan salah satu kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Pulau ini merupakan salah satu destinasi favorit selain pulau Pari, pulau Pramuka, dan beberapa pulau lainnya.

Warga pulau Tidung pada umumnya berprofesi sebagai nelayan dan pemandu wisata. Meskipun termasuk sebagai salah satu wilayah pinggiran Jakarta, pulau Tidung sudah memiliki banyak fasilitas umum seperti sekolah, klinik, pasar dan juga kantor pemerintahan.

Pulau tidung terbagi menjadi dua pulau yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan pulau utama yang dimana juga merupakan kawasan pemukiman warga, sementara Pulau Tidung kecil adalah pulau yang dijadikan sebagai hutan bakau.

Di pulau Tidung Kecil, wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang asri untuk sejenak melepas penat selepas rutinitas harian dan hiruk pikiknya kota Jakarta. Hutan bakau yang terdapat di Tidung kecil memang sengaja ditanam untuk menghindari abrasi pantai, hal ini tentu membuat ombak di pulau ini cenderung tenang sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin berenang.

Berbagai fasilitas hiburan lain juga telah disediakan di Taman Nasional ini, Anda dapat melakukan beberapa hal seru dan sedikit memacu adrenalin seperti naik kano, jetski, banana boat hingga donut boat.

Selain hal yang telah disebutkan diatas, salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau ini adalah menyelam. Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling digemari oleh para wisatawan. Perairan Pulau Tidung menyimpan begitu banyak kekayaan laut, ikan-ikan yang berenang dan juga biota laut yang lain. Keindahan ini yang pada akhirnya membuat kalangan backpackers Indonesia menyebut pulau Tidung sebagai new paradise.

Tentu akan menjadi sebuah kerugian jika kita sudah sampai di pulau ini tanpa bisa berinteraksi langsung dengan ikan-ikan kecil berwarna-warni yang sangat cantik.

Selain menyelam, wisata bahari yang dapat Anda lakukan di pulau ini adalah Snorkeling. Biaya snorkeling di pulai ini terbilang cukup terjangkau, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35.000 untuk menyewa perlengkapan snorkeling. Jika Anda takut melakukan snorkeling sendirian, Anda juga bisa menyewa jasa pemandu snorkeling dengan biaya hanya Rp 100.000.

Tertarik untuk singgah ke pulau Tidung? Ada banyak sekali agen wisata yang menyediakan paket wisata pulau tidung dengan harga bervariasi. Umumnya, untuk bisa berwisata di pulau Tidung, Anda hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp. 200.000 untuk 1 orang.

Tinggalkan komentar