Manfaat Kayu Manis

Kayu manis yang merupakan salah satu bahan rempah-rempah, adalah salah satu bahan yang paling banyak diproduksi di China dan Indonesia untuk asupan rempah dunia. Seperti layaknya gula, kayu manis menjadi komoditas penting sebagai bumbu pangan seperti roti, sereal dan berbagai makanan khas di berbagai belahan dunia.

Meski lebih dikenal sebagai bumbu rempah, ternyata manfaat kayu manis bisa dijadikan pengobatan. Ada beberapa manfaatnya yang berguna bagi kesehatan manusia. Di dalam kayu manis ada kandungam nutrien seperti vitamin, mineral dan polifenol. Itu sebabnya, dewasa ini kayu manis banyak dijadikan sebagai obat rumahan dan dikelompokkan sebagai fitofarmaka.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Kayu Manis 

  1. Antioksidan

Karena saking banyaknya kandungan polifenol dalam kayu manis, maka dari itu bahan ini disebut sebagai sumber antioksidan yang fantastis. Antioksidan diperlukan bagi tubuh karena harus bebas radikal bebas supaya kesehatan tetap stabil. Dengan konsumsi kayu manis ke dalam menu makanan, maka tubuh akan memiliki kinerja optimal dan keseimbangannya bagus.

  1. Kalsium

Ada kandungan kalsium yang cukup tinggi di dalam kayu manis. Kalsium memiliki banyak fungsi diantaranya memelihara ketahanan tulang, gigi, pembuluh darah, membantu proses metabolisme makanan yang dimakan, melancarkan pencernaan, dan juga mencegah osteoporosis saat memasuki usia lanjut atau di atas 50 tahun.

  1. Zat besi

Tidak hanya ada pada daging segar atau sayuran berwarna hijau seperti bayam, di dalam kayu manis juga ada kandungan zat besi. Fungsi zat besi adalah memproduksi sel darag merah dan membentuk hemoglobin, membantu fungsi sistem ketahanan tubuh, menjaga sel agar tidak rusak, mengurangi kelelahan, dan juga membantu fungsi kognitif pada anak-anak.

  1. Magnesium

Dalam status kesehatan yang optimal, magnesium diperlukan oleh tubuh untuk melakukan lebih dari 300 proses yang ada dalam tubuh. Kekurangan magnesium identik dengan kekurangan vitamin D, sehingga tubuh akan lemas, kalsium dan zat besi tak dapat diolah dengan baik, fungsi otot yang tidak maksimal, juga kesehatan tulang dan gigi yang terancam.

  1. Seng

Satu lagi menral yang terdapat pada kayu manis yaitu seng. Zat seng berkontribusi penting dalam sintesis DNA, mengatur oH tubuh, membantu dalam metabolisme makanan yang mengandung nutrisi kategori makro, dan juga mengatur fungsi reproduksi. Kekurangan zat seng bisa berefek buruk pada kesehatan rambut, kulit dan juga kuku.

  1. Vitamin K

Meski tak banyak dibutuhkan oleh tubuh, namun kehadiran vitamin K sangat penting bagi tubuh. Biasanya, vitamin K ditemukan di sayuran berwarna hijau, tapi kandungan ini juga ada pada kayu manis. Vitamin ini berkontribusi pada kesehatan tulang, sama seperti kalsium, zat besi dan magnesium.

Berikut adalah Manfaat Kayu Manis yang kami kutip dari Ensiklonesia.com 

  1. Mencegah asam urat

Kayu manis telah terbukti mampu menghambat enzim yang dapat memproduksi asam persendian, sehingga penyakit asam urat dapat dihindari. Dibandingkan dengan rempah lainnya seperti jahe, licorice, dan mint, manfaat kayu manis untuk asam urat lebih ampuh. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan pada kayu manis cukup tinggi.

  1. Mencegah asam lambung

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang menyebalkan, bisa oleh kesalahan pola makan maupun adanya bakteri Helicobacter pylori. Manfaat kayu manis untuk asam lambung adalah mencegah perkembangan bakteri tersebut dan melindungi dinding lambung dari infeksi. Namun sebaiknya, konsultasikan soal penggunaan kayu manis kepada dokter terlebih dahulu.

  1. Menghilangkan bekas jerawat

Masalah jerawat bisa diatasi dengan bubuk kayu manis dan minyak kayu manis. Manfaat kayu manis untuk bekas jerawat adalah membersihkan bekasnya dan mencegah jerawat untuk tumbuh di wajah. Hal ini disebabkan karena kayu manis mengandung anti bakteri, anti inflamasi dan efek antioksidannya yang tinggi.

Namun, kayu manis hanya bisa untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika jerawat disebabkan ketidakseimbangan hormon, manfaat kayu manis tidak bisa mengobati ini. Caranya cukup dengan menjadikan bubuknya seperti pasta, kemudian taruh di permukaan wajah seperti masker. Sesudah mengering, cuci muka dengan air dan sabun wajah.

  1. Mengatasi diabetes kronik

Bagi penderita diabetes tentunya organ pankreas mereka kesulitan untuk memproduksi insulin atau sel tidak mampu merespon insulin, sehingga terjadi kenaikan gula darah. Di sisi lain, manfaat kayu manis untuk diabetes mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara mengimitasi efek insulin.

Selain menurunkan kadar gula darah, kayu manis juga dapat menaikkan sesitivitas insulin sehingga mereka dapat memberi efek terhadap pergerakan glukosa di dalam sel. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang yang mengonsumsi kayu manis, insulinnya menjadi sensitif dengan masa efek selama 12 jam.

  1. Mitos Kayu Manis untuk Menghindari Asma

Meski kayu manis baik untuk sebagai rempah-rempah, namun manfaat kayu manis untuk asma hanyalah mitos. Jika bubuknya tercium oleh penderita asma, maka pernafasan akan terganggu dan mereka akan merasa sesak. Jadi sebaiknya, hindari bubuk kayu manis dari para penderita asma.

Di luar dugaan, ternyata manfaat kayu manis bukan hanya untuk rempah-rempah bumbu masakan. Bahan ini juga bisa dijadikan obat rumahan yang manfaatnya sangat banyak. Namun berhati-hatilah pada penderita asma karea bisa kambuh hanya karena menghirup bubuk kayu manis.