Manfaat Buah Nanas

Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak di jumpai di Indonesia. Buah dengan duri tajam ini memiliki kandungan kolesterol dan kalori rendah yang baik bagi kesehatan tubuh, kandungan serat dalam buah nanas juga baik untuk meregenerasi sel-sel dalam tubuh dan membantu menjaga kesehatan tulang.

Dalam buah nanas terkandung beragam vitamin dan mineral yang baik dalam menunjang kesehatan tubuh seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Folat
  • Piridoksin
  • Sodium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Mangan
  • Fosfor
  • Selenium
  • Seng
  • Beta Karoten

Dalam artikel kali ini kami akan mengulas manfaat buah nanas untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Buah Nanas

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam satu buah nanas dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda sebanyak 130 persen. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meng-aktifkan sel darah puith dan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus.

2. Mencegah Kanker

Selain menguatkan sistem imun tubuh, vitamin C dalam buah nanas juga dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker. Kandungan Vitamin A, Beta Karoten, Bromelain, mangan dan senyawa Flavonoid merupakan senyawa antioksidan yang baik dalam memerangi sel kanker. Beragam penelitian mengungkapkan konsumsi nanas dapat mengurangi risiko kanker mulut, tenggorokan dan payudara.

3. Baik Bagi Kesehatan Sistem Pencernaan

Serat yang terdapat pada nanas merupakan jenis serat larut dan tak larut yang baik dalam melindungi Anda dari masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, iritasi usus besar dan menghindarkan Anda dari pembekuan darah.

4. Baik Bagi Kesehatan Tulang

Meskipun kandungan Kalsium pada nanas tidak sebanyak susu, namun senyawa Mangan memiliki peran penting dalam memperkuat tulang, sekaligus membantu pertumbuhan dan regenerasi tulang Anda. Konsumsi buah nanas dapat memenuhi 70 persen kebutuhan mangan harian Anda.

5. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Nanas dapat menghindarkan Anda dari pembekuan darah, hal ini dapat mendukung kinerja jantung Anda. Dalam riset yang dilakukan di Finlandia mengungkapkan, kandungan Vitamin C dalam buah nanas dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung koroner.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Kandungan antioksidan dalam buah nanas dapat mencegah kanker mulut, selain itu kandungan astringent dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

7. Mencegah Katarak

Vitamin A dalam nanas dapat menjaga kesehatan organ mata. Selain itu, kandungan vitamin C diketahui dapat membantu mengurangi risiko penyakit katarak, sifat antioksidan dari vitamin C dapat mencegah penurunan fungsi mata.

8. Baik Bagi Kesuburan Pria dan Wanita

Kandungan vitamin C dan Mineral seperti Beta Karoten, Tembaga, Seng dan Folat dalam nanas sangat baik dalam meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Khususnya wanita, folat dibutuhkan untuk mempersiapkan rahim sebelum kehamilan hingga trimester pertama kehamilan.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan Kalium dalam buah nanas sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalium memiliki fungsi sebagai Vasodilator yang bertugas untukk menimalisir ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah serta membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar dapat menghindarkan Anda dari beragam penyakit kardiovaskular seperti, Stroke dan penyakit jantung.

10. Menimalisir Masalah Sinusitis

Kandungan enzim bromelain dalam buah nanas dapat meminimalisir masalah sinusitis. Enzim Bromelain berfungsi sebagai anti-inflamas dan dapat mengurangi lendir serta peradangan sinusitis.

11. Mencegah Penuaan

Buah nanas dapat memberikan sintesis kolagen di tubuh Anda. Semakin tinggi kolagen maka kulit Anda akan semakin kencang dan mencegah penuaan kulit Anda.

Mengoleskan jus nanas pada wajah juga dapat membantu mengurangi masalah jerawat dan meremajakan kulit wajah Anda.

12. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker buah nanas dapat mengangkat sel kulit mati dan melancarkan peredarah darah di area wajah Anda. Hal ini tentu merupakan hal positif bagi kecantikan Anda.

13. Mempercantik Kuku jari

Kekurangan vitamin A dan vitamin B berdampak pada kesehatan kuku Anda. Mengonsumsi nanas dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dan B harian Anda. Selain itu, mengoleskan jus nanas pada kuku juga dapat mengatasi beragam masalah kuku, seperti kuku kering dan rapuh.

14. Mencegah Bibir Pecah-pecah

Mengoleshkan jus nanas yang dicampur minyak kelapa dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan membantu memenuhi kebutuhan cairan pada area sekitar mulut.

15. Mencegah Rambut Rontok

Buah nanas sangat baik dalam mencegah rambut rontok, kandungan vitamin C dalam nanas memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Selain itu, senyawa antioksidan lainnya dalam nanas juga melindungi rambut Anda dari radikal bebas menyebabkan kekeringan dan rambut patah.

Demikian Pembahasan Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan kulit Anda. Namun, penting untuk dicatat bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat sebaiknya menghindari konsumsi nanas. Nanas merupakan buah pantangan asam urat, kandungan buah nanas dapat terfermentasi menjadi alkohol yang buruk bagi kesehatan sendi Anda. Jadi bagi penderita asam urat harus membatasi asupan buah nanas.