Rahasia 3 Manfaat Buah Kedondong

Siapa yang tidak kenal dengan buah kedondong terutama kaum wanita, buah ini kerap dijadikan sebagai buah idaman ketika wanita sedang hamil. Banyak cara untuk menikmati buah asam yang satu ini, mulai dari dijadikan rujak yang pedas, manisan atau memakannya secara langsung juga enak. Meski rasa buahnya asam dan memantang, namun buah ini menyimpan banyak khasiat kesehatan yang jarang diketahui.

Penasaran apa saja rahasia manfaat buah kedondong si buah asam ini, Berikut adalah manfaat buah kedondong yang kami kutip dari Alaherba.com

  1. Obat Batuk Alami

Manfaat buah kedondong yang jarang diketahui salah satunya adalah khasiatnya dalam meredakan penyakit batuk. Kebanyakan orang jawa menganggap buah kedondong adalah buah yang harus dihindari ketika batuk selain buah nanas. Ternyata anggapan tersebut tidak benar. Buah kedondong memiliki senyawa alami yang justru dapat meredakan penyakit batuk, hanya saja cara memakannya yang berbeda.

Mula-mula buah kedondong dikupas dan pisahkan daging buah dengan duri atau serabutnya. Kemudian hancurkan buahnya bisa dengan diparut atau diblender. Setelah itu pisahkan sari buah dengan ampasnya. Minumlah sari buah kedondong ini ketika Anda batuk beberapa kali sampai gejala batuk mereda. Selain menggunakan buah kedondong anda juga mengambil manfaat daun binahong untuk meredakan batuk yakni dengan meminum air rebusan daun binahong.

  1. Obat Sakit Perut

Bagi Anda yang suka makan kedondong tentu sudah paham akan rasanya yang sangat asam. Rasa asam yang sangat tinggi ini baik dalam membantu pembentukan asam lambung. Sementara gangguan masalah pencernaan seperti diare atau sakit perut terjadi karena permasalahan yang ada pada lambung.

Dengan mengkonsumsi buah kedondong siang hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare ataupun buang besar tidak lancar. Namun bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung disarankan untuk menghindari memakan buah kedondong yang asam ini.

  1. Mengobati Luka di Kulit

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam buah kedondong berperan aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu, antioksidan dari Vitamin C ini juga berkhasiat sebagai nutrisi yang dapat membantu mempercepat pembentukan sel. Dengan begitu ketika tubuh atau kulit terluka akan cepat tertutup dengan pertumbuhan sel baru yang cepat ini.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja rahasia manfaat buah kedondong sebagai obat ampuh dalam menjaga kesehatan ini. Mulai sekarang, tidak perlu menghindari si buah asam ini karena terbukti memiliki banyak khasiat kesehatan yang belum banyak diketahui orang. Bukan hanya baik untuk memenuhi keinginan orang hamil saja ternyata, tapi juga baik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh manusia.