7 Dekorasi Pernikahan Menggunakan Tanaman Hias

Pernikahan merupakan upacara sakral yang dinantikan oleh semua orang dan hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Perlengkapan pernikahan yang paling penting adalah dekorasi. Dekorasi pernikahan membantu orang orang untuk mengingat suatu momen. Pada era melenial ini, banyak orang yang menggemari tanaman hias sebagai bahan dekorasi.

Terdapat banyak jenis tanaman yang indah untuk dekorasi, namun tidak semua tanaman dapat dipakai untuk dekorasi pernikahan, anda harus memiliki tema tertentu untuk kemudian dikombinasikan dengan tanaman yang cocok untuk di kombinasikan.

7 Dekorasi Pernikahan dengan Tanaman Hias

  • Tema ala Timur Tengah

Suasana yang tergambarkan pada daerah timur biasanya sangat panas, hanya beberapa tumbuhan saja yang dapat tumbuh. Apabila anda tertarik untuk menggunakan tema ini, anda dapat memanfaatkan tanaman kaktus untuk dekorasi. Berbagai macam bentuk dan warna tanaman kaktus membuat kombinasinya semakin menarik. Anda dapat menyusun tanaman kaktus mini dalam sebuah kotak kemudian meletakkannya di meja penyambutan dan di meja makan. Hal ini karena kaktus tidak membutuhkan banyak tempat sehingga para tamu masih memiliki tempat yang luas.

Untuk dekorasi pelaminan, anda dapat menggunakan tanaman berbunga dengan warna yang cerah seperti bunga krisan kuning atau oranye dan bunga matahari. Tanaman lain yang dapat digunakan adalah lidah mertua.

  • Tema Romantic

Suasana romantis dapat dibangun dengan memadukan bunga dan lilin. Anda dapat menyusun bunga bunga berwarna putih seperti anggrek putih, lily, bougenvil. Tanaman tersebut dapat anda kombinasikan secara bersamaan agar suasana romantis menjadi lebih hidup.

Dekorasi kebun menggunakan tanaman hias

  • Tema Pantai

Pantai merupakan tempat yang syahdu untuk memadu kasih, latar pantai akan terlihat semakin menarik apabila dekorasi yang digunakan tepat. Anda dapat menggunakan beberapa tanaman bunga yang disusun sesuai dengan warnanya, ditambah dengan susunan lilin untuk menghidupkan suasana romantis.

Untuk mendukung suasana pantai anda dapat meletakkan beberapa tanaman hias seperti palem dan sejenisnya.

  • Tema Kebun

Bagi anda yang menyukai suasana outdoor, anda dapat memilih tema garden party. Garden party membuat kesan ingin menyatu dengan alam. Banyak konsep yang dapat digunakan dalam tema ini, yaitu:

  • Hutan

Konsep ini dapat anda ambil apabila anda ingin menggunakan satu jenis tanaman. Misalnya anda menggunakan bunga sakura, anda dapat meletakkan bunga sakura di sepanjang jalan menuju altar. Anda juga dapat mendekorasi pelaminan menggunakan susunan bunga sakura.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan konsep hutan dengan property yang diambil dari bahan kekayuan. Dengan begitu, tentunya suasana alam akan lebih terbentuk. Anda juga bisa menambahkan pot gantung dengan tanaman lili paris atau suplir.Unik bukan?

  • Berkemah

Anda dapat mengambil konsep kemah dengan memasang tenda tenda kecil, anda dapat menyusun tanaman tersebut seperti bunga sehingga terlihat natural. Untuk tempat duduk para tamu anda dapat menggelar karpet dan memberi satu tanaman bunga untuk menemani jamuan mereka.

  • Tema Adat

Dekorasi pernikahan menggunakan tanaman hias

Upacara adat dalam pernikahan merupakan salah satu hal wajib dimana upacara ini memiliki ciri khasnya masing masing. Setiap adat memiliki perbedaan dalam dekorasinya. Bahan dekorasi dalam upacara adat pasti menggunakan bunga atau tanaman hias, bunga yang umum digunakan adalah bunga mawar dan bunga melati. Tanaman yang bisa digunakan yaitu tanaman palem, bambu kuning, dan lidah mertua. Dalam beberapa adat ada juga yang menggunakan bunga sedap malam untuk atap altar pelaminan.

Baca Juga : 21+ Jenis Tanaman Hias Air Yang Cantik Dan Indah