Cara Mencegah Penyakit Diabetes

cara mencegah penyakit diabetes secara alami

Mereka yang menderita penyakit diabetes berisiko juga mengalami komplikasi penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan stroke, termasuk bagi mereka yang baru memasuki tahap pre-diabetes. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat sebagai upaya pencegahan penyakit diabetes secara alami.

Mengutip StraitTimes terdapat enam tips mencegah penyakit diabetes tipe 2 secara alami hingga 50 persen. Simak penjelasannya berikut

1. Pola Makan sehat

Orang Indonesia sangat sulit untuk melepaskan dari konsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi putih, mie, dan roti putih. Padahal konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan beras merah atau oat yang lebih kaya akan serat, vitamin, mineral dan fito kimia.

Mereka yang rutin mengonsumsi beras merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, rutin lah konsumsi buah mengkudu, senyawa aktif dalam buah mengkudu dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang baik untuk menghindari penyakit diabetes.

2. Olahraga Teratur

Menurut berbagai penelitian, aktivitas fisik merupakan cara untuk menghindari risiko penyakit diabetes tipe 2. Anda disarankan untuk melakukan olahraga sebanyak 150 menit setiap pekan dengan intensitas sedang untuk mengurangi peningkatkan tekanan darah dan gula darah Anda.

Aktivitas olahraga ringan hingga sedang yang dapat Anda lakukan adalah dengan berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari, jogging, bersepeda dan berenang merupakan aktivitas olahraga yangbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dalam darah dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah Anda agar tetap normal.

3. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes. Oleh karenanya, turunkan berat badan Anda secara perlahan hingga mencapai berat badan ideal Anda.

Akan sangat baik bagi Anda jika dapat memperhatikan asupan kalori dan menjaga keseimbangan kalori dengan melakukan aktivitas fisik. Orang dewasa umumnya membutuhkan asupan 2.000 kalori setiap harinya, lebih dari itu maka akan menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

4. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok merupakan hal yang buruk bagi semua orang. Saat merokok, pembuluh darah akan mengalami penyempitan yang menyebabkan terhambatnya aliran darah ke setiap organ dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Tembakau juga dapat meningkatkan kada gula dalam darah yang kemudia memicu resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes.

5. Hindari Alkohol

Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga merupakan salah satu cara untuk menghindari penyakit diabetes. Alkohol dapat menyebabkan menurunnya sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin. Selain itu, bagi mereka yang mengidap diabetes, alkohol dapat menyebabkan masalah pankreas.

6. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Teratur

Jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki riwayat diabetes, penting bagi Anda untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda sebelum usia 40 tahun. Lakukan medical checkup setidaknya satu kali dalam setahun.