Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Berkualitas

Anda juga bisa membuat sendiri pompa air yang dapat anda gunakan di rumah, salah satu jenis pompa air yang bisa anda buat sendiri adalah pompa air tanpa listrik. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pompa air yang tidak menggunakan listrik ini, bisa anda dapatkan di toko bangunan di sekitar rumah anda. Anda bisa mencari toko bangunan yang lengkap perlatannya.

Selain membuat, anda juga bisa membeli pompa air ini di Grundfos Indonesia Pompa air yang tidak menggunakan listrik ini merupakan pompa hidram, yang cara kerjanya mengandalkan gravitasi air itu sendiri. Maka pompa yang tidak menggunakan listrik ini dapat ditaruh di posisi yang lebih rendah, dari sumber mata airnya. Semakin tinggi jaraknya maka akan semakin baik juga kinerja dari pompa hidram itu sendiri.

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Cara membuat pompa air tanpa listrik yang satu ini telah dilakukan dengan beberapa kali pengujian. sebelum anda mencoba membuat pompa air ini sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu kondisi air dan lokasi mata air yang sesuai dengan tempat penyimpanan pompa tersebut. desain pompanya bisa anda sesuaikan dengan keinginan, anda bisa searching di goolge atau youtube.

Berikut ini penuturan dalam tata cara membuat pompa air yang tidak menggunakan listrik :

  1. Pembuatan tabung hampa

Fungsi dari tabung hampa ini adalah untuk membantu atau menekan air hingga naik ke atas, proses pembuatan tabung harus dilakukan dengan benar-benar rapat. Tidak boleh ada kebocoran sedikit pun, karena kebocoran tabung tersebut akan membuat kinerja pompa air nanti terganggu.

  1. Gunakan selang yang berdiameter ½ inchi

Penggunaan selang ini kegunaannya adalah untuk mempermudah penyaluran air, ke bagian atas menuju rumah atau ke tempat penampungan air. Penggunaan pompa air ini bisa untuk area persawahan. Untuk keluaran badan pompa yang tebalnya 1 inchi, anda bisa menggunakan pipa yang ukurannya lebih kecil. Agar air bisa terus naik sampai ke atas.

  1. Menggunakan tusen klep

Gunakan tusen klep sama dengan klep yang biasa dipasang di bagian bawah sumur pompa listrik, pastikan pemasangannya sudah tepat dan jangan sampai terbalik. Agar air bisa mengalir ke atas tanpa harus mengalir lagi ke bawah. Bahan tusen klep ini lebih bagus dan tidak mudah berkarat, sehingga bagian dalamnya lebih mudah dimodifikasi.

Sebelum mulai membuat pompa air yang tidak menggunakan listrik pastikan anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Pastikan debit air di lingkungan anda cukup, yang akan dipompa dari dataran jumlahnya mencukupi.

  2. Lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum instalasi yang digunakan dibuat permanen.

  3. Rawatlah bak penampungan dengan rutin, bersihkan dari lumut dan kotoran agar peredaran air lancar dan pompa air tanpa listrik dapat bekerja dengan baik dan mampu bekerja dengan maksimal dalam menghasilkan air.