Alat Print Kaos

Saat ini mencari pekerjaan memang susah, terkadang seseorang mendapat pekerjaan yang menyimpang dengan keahlian atau pendidikan yang dahulu diambil. Maka dari itu, lebih baik membuka usaha sendiri dan memberi peluang kerja untuk orang di sekitar anda. Salah satu contoh wirausaha yang mudah bagi pemula adalah membuka usaha di bidang sablon kaos menggunakan alat print kaos.

Alat Print Kaos
Alat Print Kaos

Dahulu, usaha sablon memang masih sulit karena alat yang masih manual dan butuh keahlian dalam penggunaannya. Namun, zaman semakin berkembang begitu juga teknologi, termasuk pembuatan sablon kaos yang awalnya sulit menjadi mudah dengan teknologi. Dengan adanya printer DTG pencetak sablon kaos satuan, proses menyablon kaos menjadi mudah dan lebih cepat selesai.

Alat-alat untuk sablon kaos menggunakan printer DTG

  1. Mesin printer DTG

Printer DTG (Direct To Garment) merupakan mesin yang dibuatkan oleh Indonesia untuk menyablon kaos. Mesin ini sengaja dirancang dan di modifikasi dengan sangat canggih untuk membantu mencetak kaos dengan cara manual agar lebih cepat selesai. Selain itu, bila menggunakan printer DTG maka proses produksi akan lebih hemat, simpel, serta efektif dan efisien.

  1. Hotgun

Alat ini mirip dengan hairdryer yang berguna untuk mempercepat keringnya tinta hasil print, sehingga tidak akan luntur ke bagian lain. Selain itu, hotgut juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penurunan hasil warna pada hasil sablon. Hotgun dapat dipakai saat kaos masih di tray, lalu keringkan kaos dan press lagi menggunakan hotpress.

  1. Mesin press kaos sablon

Mesin ini berfungsi untuk membuat tinta dapat menyatu dengan kaos sablon. Selain itu, mesin press ini juga digunakan untuk menyelesaikan hasil akhir pada sablon kaos. Apabila kaos sudah selesai dicetak dan dikeringkan dengan hotgun, selanjutnya dapat diangkat dari tray kaos. Lalu, kaos akan di press agar tinta dapat tertempel dengan baik pada kaos dan warnanya pun segera kering.

  1. Kompresor

Kompresor merupakan alat yang digunakan sebagai penyemprot pre-treatment kaos, terutama bulu-bulu pada kaos agar tertutup dan rata. Alat ini juga berguna sebagai finishing pada sablon kaos, yaitu setelah sablon sudah tercetak dan di press dengan mesin press. Awalnya, beri epoxy pada kompresor dan semprotkan pada kaos agar tinta bisa lebih tahan lama.

  1. Catridge dan head cleaner

Catridge merupakan wadah untuk tinta yang tersambung dengan printhead. Alat ini berfungsi untuk memberikan berbagai warna di kaos yang sesuai pola file dan warna desain. Sedangkan, cairan head cleaner sangat berguna untuk teknik printer DTG sehingga anda harus memilikinya. Cairan ini berfungsi untuk menyelesaikan masalah bila printhead buntu agar menjadi bersih.

  1. Kertas teflon

Kertas teflon merupakan alat print kaos yang paling terakhir tetapi sangat penting untuk sablon dengan printer DTG. Fungsi dari kertas teflon adalah sebagai pelapis elemen mesin press, sehingga tinta textile tidak lengket pada elemen press. Apabila tinta textile menempel pada elemen press, maka bisa saja hasil sablon kaos menjadi jelek dan tidak tahan lama.