10 Manfaat Daun Salam Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk yang mempunyai hobi memasak, salam tentunya kerap dijumpai di berbagai kesempatan. Tak hanya menjadikan masakan menjadi lebih nikmat, ternyata salam juga mempunyai banyak manfaat yang mungkin belum ada ketahui sebelumnya.

Tahukah anda bahwa daun salam mengandung rutin, asam caffeic, salisilat dan fitonutrien yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena kandungan inilah menjadikan manfaat daun salam bisa dijadikan untuk menyembuhkan berabagai penyakit. Hal ini tentu menjadi alternative bagus mereka yang tidak menyukai dengan menggunakan obat-obatan kimiawi.

Untuk mengetahui mengenai penyakit apa saja yang bisa di obati dengan daun salam, berikut beberapa manfaat daun salam untuk anda pelajari.

  1. Pengobatan Diabetes

Manfaat daun salam yang pertama yaitu bisa digunakan untuk membantu mengobati diabetes tipe 2 karena bisa menurunkan glukosa darah, tligliserda dan kolesterol. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa mengkonsumsi daun salam bubuk selama satu bulan.

Bukan hanya itu saja, bahkan antioksidan yang pada daun salam juga memungkinkan tubuh untuk memproses insulin secara efektif sehingga bagus untuk penderita diabetes dan orang-orang yang mengalami resistensi insulin.

  1. Membantu program diet

Mempunyai berat badan berlebih mungkin akan membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Solusinya, anda bisa memanfaatkan daun salam untuk membuat berat anda menjadi ideal karena manfaat daun salam juga bisa dijadikan sebagai program diet.

Cara membuatnya pun mudah, rebus 10-15 lemvar daun salam dengan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih, setelah itu dinginkan dan simpan pada kulkas.

Minum, air rebusan tersebut dua kali sehari pada pagi dan malam hari secara teratur selama 2 minggu. Setelah itu anda barulah anda bisa melihat hasilnya.

  1. Meringankan Asam Urat

Kandungan zat purin pada tubuh yang bertumpuk secara berlebih ternyata dapat menyebabkan gejala asam urat. Namun, anda tidak perlu khawatir karena daun salam juga bisa anda gunakan untuk obat asam urat. Caranya, ambil dan cuci bersih kurang lebih 10 lembar daun salam dan kemudian cuci bersih. Rebus bersama 10 gelas air minum dna rebus hingga tersisa 5 gelas. Minum air rebusan tersebut dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Pengobatan Batuk

Manfaat daun salam juga bisa meminimalisir gejala pilek dan infeksi. Untuk kasus pernafasan anda bisa menambahkan 2 sampai 3 lembar daun salam dna biarkan daun tersebut menguap selama 10 menit. Rendamlah kain kedalam air dan letakkan di bagian dada untuk meringankan pilek, dan batuk.

  1. Mempengaruhi Kardiovaskuler

Senyawa penting seperti slisilat, rutin, asam caffeic dan fitinutrien yang tinggi pada daun salam ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung serta dapat mencegah stroke.

Bukan hanya itu saja, bahkan flavonoid pada daun

salam juga bisa membantu menormalkan darah untuk penderita hipertensi. Cara penggunaan daun salam yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun salam, kemudian dicuci bersih. Setelah itu rebus daun salam bersama 3 gelas air minum. Setelah hangat, anda bisa mengonsumsinya sekali dalam sehari.

  1. Pengusir Serangga

Dan manfaat daun salam yang terakhir yakni bisa digunakan untuk pengusir serangga. Anda pun bisa menggunakan daun satu ini untuk menjadikan obat nyamuk alami karena mengandung asam lauret.

Hidangan daun salam ini ternyata mampu mengusir serangga secara efektif. Atau anda bisa mengoleskan minyak dari ekstrak daun salam untuk mengurangi sengatan dan gigitan serangga.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat daun salam yang bisa anda terapkan untuk sehari-hari. Selamat mencoba

Tinggalkan komentar